Cacar Pada Bayi

Malam dokter saya mau tanya mengenai kondisi medis anak saya.Anak perempuan,usia 7 Bulan 3 hari,B: 7.5kg. Setelah bangun tidur suhu badan anak saya tiba2 tinggi hingga 38.2℃. Kemudian timbul bercak merah2 kemudian keesokan harinya mulai tdk mau minum sama sekali sepertinya tenggorokannya sakit ttpi makan masih mau.apakah dia terkena cacar dan sekarang sdh mengering apakah Boleh saya mandikan air PK dan apakah msh perlu saya bawa ke dokter.trus bagaimana cara menghilangkan bekasnya.trm ksh

2 answer

Staff 25/05/2018
Public

Selamat Pagi Bunda,
Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab ya Bunda.

Bunda bertanya tentang larutan PK dan bekas cacar air dan apa masihbperlu ke dokter. Cacar air disebut juga dengan Varicela yang di sebabkan oleh virus Varicella Zoster. Cacar air gejala awal mirip seperti mau kena flu dimana badan terasa tidak enak , demam , cepat capek , flu ,nyeri sendi , sakit kepala . kemudian disertai gangguan pada kulit seperti keluarnya bintik kemerahan didaerah dada,perut ,punggung kemudian menjalar ke anggota gerak .

Jika memang bayi anda terkena cacar air, maka kurang lebih 5 hari setelah bintik atau bercak kemerahan muncul sampai semua menjadi lepuh dan berkeropeng. Berat tidaknya penyakit cacar tergantung dari daya tahan tubuh bayi bunda.

Tips untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang :
1.  Menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras.
2. Menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi.
3.  Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol.
4.  Pastikan daya tahan tubuh baik untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri.

Pertanyaan bunda boleh, Larutan PK yang dilarutkan dalam air mandi digunakan. Namun jika bayi bunda terlihat alergi terhadap larutan PK sebaiknya dihentikan.

Dan pertanyaan bunda mengenai bekas cacar umumnya akan hilang dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Noda hitam yang muncul pada kulit dikenal sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan disebabkan akibat penumpukkan pigmen melanin pada kulit. Hiperpigmentasi yang terbentuk setelah cacar dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi. Namun dikarenakan anak bunda masih berusia bayi, diharapkan bunda berkonsultasi secara langsung dahulu dengan dokter spesialis anak.

Dan pertanyaaan bunda tentang apa masih perluke dokter, Bunda dapat melihat keadaan umum anak bunda, Cacar dikarenakan disebabkan oleh virus maka akan sembuh dengan sendirinya tergantung dari daya tahan tubuh penderitanya, Namun jika bunda merasa khawatir, keadaan umum bayi juga mengkhawatirkan, untuk mengetahui apalah benar bayi bunda juga terkena cacar, Bunda disarankan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter, agar mendapatkan wawancara, pemeriksaan fisik secara langsung terhadap bayi bunda.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih Bunda telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok.
Semoga bayi Bunda segera sembuh ya, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.