Susah buang air besar

Anak saya perempuan usia 9 bulan. Sebelumnya saya memberi makan bubur instan dengan merk yang saya random karna anak saya termasuk mudah bosan. Akhir2 ini saya memcoba memberi nya nasi karna saya fikir gizi yang ada di bubur instan kurang bisa memcukupi saya takut kalau aanak saya akan kekurangan gizi untuk tumbuh kembangnya. Jadi saya coba untuk kasih makan nasi. Tapi setelah saya cOba anak saya ternyata malah susah buang air besar. Pup nya jadi keras dan saya kasihan. Saya balik lagi kasih bubur instan dan buang air besar nya lancar. Apa yang seharusnya saya perhatikan dalam pemberian makan nasi. Bahan apa saja yang bisa saya gunakan untuk bisa memberi anak saya makan nasi tanpa harus susah bab

1 Jawaban Dokter

Staff 25/05/2018
Public

Selamat Pagi Bunda,
Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab 🙂

Pertanyaan Bunda adalah bahan apa saja yang dapat membuat bayi Bunda 9 bulan dapat makan nasi tanpa susah BAB atau BAB Keras.

Perkembangan bayi Bunda yang sudah masuk usia 9 bulan. Pada usia ini bayi memang semakin tertarik untuk mengkonsumsi makanan padat. Bunda dapat mengenalkan bayi bunda makanan padat secara bertahap, usia 9 bulan masih dapat menggunakan nasi tim (nasi yang lunak di mana kadar air dalam nasi tersebut lebih banyak di banding nasi orang dewasa sehingga usus bayi perlahan pasti di perkenalkan dengan makanan bertekstur).

Lalu pemberian nasi tim ini dapat di tambah dengan bahan yang kaya akan serat untuk membantu bayi Bunda dalam mencerna makanan sehingga BAB yang di keluarkan tidak keras. Bahan makanan yang kaya serat serta memiliki kandungan vitamin dan mineral adalah sayuran dan buah. Beberapa sayuran dan buah yang di sarankan pada bayi usia 9 bulan seperti pepaya, apel, pir, tomat, labu, kacang hijau, bayam, wortel, brokoli, kembang kol, dan jenis sayuran yang bisa di masak menjadi lembut.

Sayuran dapat di gabung pemberiannya dengan nasi tim, sedangkan buah-buahan dapat di berikan sebagai cemilan bayi diwaktu senggang, dapat di sajikan padat maupun bentuk jus.

Semoga bermanfaat ya Bunda, Semoga Bunda, bayi serta keluarga Bunda selalu dalam keadaan sehat.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.