1 Jawaban Dokter

Staff 24/05/2018
Public

Selamat siang sobat,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
 
Sebelum sobat memulai program menaikkan berat badan, sebaiknya sobat menghitung indeks massa tubuh (IMT) sobat saat ini apakah sudah proporsional atau belum. Penghitungan IMT dilakukan dengan cara pembagian berat badan (kg) dengan tinggi badan (m2). Berikut hasil dari perhitungan indeks massa tubuh, yaitu:

  • Berat badan kurang: IMT < 18,5
  • IMT normal: 18,5 – 22,9
  • Berat badan berlebih: IMT 23 – 24,9
  • Obesitas: IMT > 25

Setelah mendapatkan hasil IMT tersebut, dan jika berat badan sobat termasuk katergori kurang maka berikut penyebabnya :
1. Pemasukan kalori lebih rendah dari pemakaian kalori tubuh.
Tubuh membutuhkan kalori untuk tenaga contohnya utk melakukan aktifitas, maupun tidur, berfikir dan tubuh dalam memetabolisme tubuh. Nah metabolisme tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda, sehingga walaupun makan dalam Jumlah banyak jika memiliki metabolisme tubuh yang tinggi tentu asupan makanan akan langsung diubah lebih banyak menjadi energi ketimbang disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak. 
2. Kelainan penyakit
Penyakit dapat juga membuat seseorang tidak bisa gemuk seperti hipertiroid (beberapa tanda seperti jantung yang berdebar-debar, kurus, sering keringat, tangan tremor), Gangguan pada sistem pencernaan, infeksi paru, tumor dan lain sebagainya.

Bila perlu sobat dapat berkunjung ke dokter spesialis gizi agar mendapat pemeriksaan dan mendapat jadwal pola makan disesuaikan dengan kasus kesehatan sobat.

Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat dan semoga sobat dalam keadaan sehat selalu. Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.