1 Jawaban Dokter

Staff 24/05/2018
Public

Selamat siang sobat,
Terima kasih sudah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok 🙂
Saya akan menanyakan beberapa hal sebelumnya, apakah gangguan pusing, ingin muntah, sesak nafas hanya timbul jika sobat bertemu dengan bos sobat? Dan apakah ada riwayat terdahulu penyakit atau gangguan ingin muntah, pusing dan sesak nafas yang sama, jika ada apa penyakitnya atau penyebabnya?
Jika gangguan tersebut hanya timbul jika bertemu bos sobat atau timbul hanya pada keadaan sobat mengalami stres maka kemungkinan sobat terkena gangguan cemas saja atau dapat juga gangguan cemas yang menyebabkan gangguan fisik (psikosomatis atau gangguan somatoform), Gangguan psikosomatis adalah gangguan atau penyakit pada tubuh yang diduga didasari oleh pikiran, seperti stress, panik dan kecemasan. Contoh gangguan psikosomatis adalah saat mengalami stress, panik, dan kecemasan seseorang dengan gangguan psikosomatis dapat menjadi mual, gemetaran, berdebar, sesak napas, berkeringat, nyeri kepala, dan nyeri dada.
Beberapa tips untuk mengurangi gangguan cemas :
1. Mencari tau dan melepaskan stress atau tekanan baik tekanan pekerjaaan maupun kelelahan fisik
2. Positive thinking, mendekatkan diri kepada Tuhan serta berdoa, terapi psikologi mungkin dapat membantu
3. Pola hidup sehat 
Cukup istirahat, makan yang cukup tidak berlebihan maupun tidak kurang, ber olahraga secara teratur, pilihan olah raga seperti olah raga pernafasan, yoga mungkin dapat membantu.
Selain itu tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain di tubuh sobat yang dapat menyebabkan kondisi saudara, maka di saran kan sobat dapat mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam secara langsung, agar dapat di evaluasi di singkirkan kemungkinan penyakit lain terkait masalah sobat, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang bila perlu.
Pengobatan sobat bergantung pada penyebab ingin muntah, pusing serta sesak nafas sobat.
Semoga bermanfaat dan Semoga sobat lekas sembuh dan pulih kembali, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.