Tiap kali mau BAB mengedan

Anak saya usia 15 bln berat badanya skrg 10,5 kg..brp bln trakhir ini BABnya keras..jadi tiap kali mau BAB harus mengedan dan kotoranx kayak tai kambing gitu..apakah itu pengaruh susu atau karena pola makan minumnya. Soalnya smpai sekarang anak saya kalau makan cm d kunyah sebntar langsung d telan..kadang klw makan buah biasanya tdk d kunyah lg..dmikian jg dgn minumnya..jarang skali minum air putih. Kalau d paksakn utk minum, airnya d keluarkan kembali dari mulutnya

1 Jawaban Dokter

bila BAB anak seperti itu memang termasuk konstipasi bu. Pertama-tama untuk bisa BAB dengan lancar perlu keseimbangan antara jumlah makanan, jumlah serat, jumlah cairan atau air putih dan toilet training.

Berarti ibu perlu menelaah jumlah makanan, jumlah serat, dan jumlah cairannya serta mencari apakah ada makanan tertentu yang anak ibu alergi. dan jangan lupa lakukan toilet training pada anak ibu. bila masih belum teratur, coba tambahkan obat probiotik 1x/hari bu. bila masih belum bisa juga, sebaiknya ibu ke dokter anak ahli pencernaan untuk diberikan obat untuk melancarkan BAB dahulu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.