susah BAB

Anak saya usia 4 tahun dok, semenjak usia 1 tahun anak saya sulit bab, memang anak saya tidak mau makan selain nasi dan tempe, kadang 2 hari baru BAB bahkan pernah 1 minggu sekali baru BAB, saya sdah periksa ke beberapa dokter anak di kota saya, hampir semua bilang kalo anak saya kurang serat. tapi dokter terkhir yang saya kunjungi menyarankan agar ronsen untuk mengetahui terindikasi penyakit hisprung atau bukan .
saya mau konsul dok, apakah anak saya terindikasi penyankit hisprung? anak saya normal sejak lahir. baru usia 1 tahun yang sulit bab dok
mohon pencerahaanya

1 Jawaban Dokter

Staff 21/05/2018
Public

Selamat siang sobat, 
Penyakit hirschsprung adalah penyakit pada saluran cerna akibat adanya kelainan genetik pada saraf saluran cerna yang menyebabkan usus tidak/ kurang memiliki gerakan peristaltik (gerakan mendorong makanan). Penyakit ini biasanya diderita oleh bayi baru lahir dan segera memberikan gejala beberapa saat setelah bayir lahir. Oleh karena itu sangat sangat kecil kemungkinannya untuk diderita anak usia 4 tahun yang tidak memiliki masalah pencernaan saat bayi.
Frekuensi buang air besar dipengaruhi oleh makanan sehari2, kecukupan minum air, bakteri usus, dan aktivitas fisik. Saya sarankan untuk mengkonsumsi banyak variasi makanan, jgn cuma nasi dan tempe, tetapi ditambahkan sayuran hijau dan buah2an (terutama buah naga), minum air yang cukup sekitar 8 gelas sehari, dan olahraga teratur. 
Bila ada masalah lebih lanjut saya sarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter anak dan atau dokter gizi

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.