Kuku Kaki Saya Renggang akibat kecelakaan kecil

Selamat Siang, Dok

sebelumnya saya mengalami kecelakaan kecil saat berkendara sepeda motor sehingga kuku kaki saya di bagian jempol renggang setengah, kemudian saya bersihkan menggunakan cairan infusan kemudian di beri betadine, begitu seterusnya sampai kering dan tidak merasakan sakit apapun. tetapi skrg kondisi kuku saya lebih renggang lagi bahkan terlepas dari bantalan kuku hanya tinggal menempel di bagian bawah kuku dan pinggir kuku, lalu apa yg harus saya lakukan ya dok? apakah harus segera saya cabut atau nantinya kuku ini akan terlepas sendiri? ada obat/penanganan tertentu yg mesti saya lakukan dok ? karena saya tidak merasakan sakit sedikitpun
terimakasih atas bantuannya.

1 Jawaban Dokter

Selamat  siang sobat,
Kapan kecelakaan tsb terjadi? Apakah ada keluhan seperti bernanah,bengkak, dsb?
Untuk pertumbuhan kuku yg baik, sebaiknya sisa kuku tersebut diangkat, namun pertumbuhan kuku kaki umumnya berlangsung lbh lama dibandingkan kuku tangan. Jika akan dilakukan prosedur ekstraksi kuku tsb sebaiknya dilakukan secara steril shg disarankan dilakukan oleh tenaga kesehatan.
Semoga informasi ini bermanfaat

#1
  1. Jika kuku kaki sudah mati (ditandai dengan kuku yg menghitam,nyeri umumnya tidak ada) maka bisa saja kuku terlepas sendiri.
  2. Kurang lebih 1 bulan yg lalu dok, tidak ada keluhan dok.. bernanah hanya di awal sebelum kering, saat sudah kering sampai sekarang tidak terasa sakit, bengkak/ bernanah hanya merasa tidak nyaman dengan kuku kaki yang sudah lepas dari bantalannya dok.

    Apakah kalau tidak dilakukan pengangkatan kukunya apa bisa lepas dgn sendirinya dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.