1 Jawaban Dokter

Staff 17/05/2018
Public

Selamat Siang Bunda,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya dok 🙂
Kami memahami kekhawatiran Bunda, Apakah keadaan bayi bunda saat ini baik, dalam artian tidak gelisah, dehidrasi? Apakah ada demam, diare, atau belum BAB selama 3 hari, keadaan perut yang membesar disertai tidak BAB dan kentut selama 2-3 hari?
Jika tidak kemungkinan besar, Bayi bunda yang berumur 8 bulan, apakah sudah diberikan MPASI? Apakah baru-baru ini bisa reaksi cepat (hitungan hari) bisa juga reaksi lambat (hitungan minggu sampai dengan bulan) apakah ada bahan makanan, minuman atau susu merk susu yang baru dikonsumsi oleh Bayi? Bayi dapat mengalami reaksi ke belum an cocokan atau alergi terhadap beberapa bahan makanan, minuman atau pun buah, yang mungkin saat ini masih belum dapat diterima bayi nanti seiring bertumbuhnya umur bayi dapat menerimanya.
Reaksi ini dapat terkena keberbagai sistem, contoh : Jika yang respon di sistem pencernaan maka bisa bergejala bab cair atau keras, bayi bisa merasakan kesulitan saat bab, bab bisa terlihat berdarah (diperiksa dilaboratorium dibuktikan dengan darah samar). jika yang ter respon pada bayi sistem kulit gejala dapat berupa kulit kering dan atau bisa gatal. Jika yang berespon sistem pernafasan maka dapat bergejala batuk, sesak, pilek. 
Untuk menyingkirkan ke belum cocokan sistem pencernaan pada bayi, bunda bisa membuat list makanan makanan apa yang bayi bunda konsumsi, lalu usahakan tidak terlalu banyak sekali variasi agar bisa melihat apa yang bayi bunda tidak cocok atau pun apa yang bayi bunda tidak suka.
Apabila terdapat gejala lain yang mengkhawatirkan, Bunda dapat melakukan pemeriksaan bayi bunda secara langsung kedokter terdekat, atau dokter spesialis anak di klinik atau rs.
Semoga dapat membantu, semoga Bunda dan bayi dalam keadaan sehat selalu, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.