2 answer

Staff 17/05/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok ­čÖé
Saya akan coba jelaskan,
Apakah ada teraba benjolan pada payudara saat ini, jika terdapat benjolan apakah terdapat di kedua payudara, bentuk benjolan seperti apa dan sudah berlangsung berapa lama? Apakah nyeri seimbang antara payudara kanan dan kiri, apakah nyeri berlangsung terus menerus, dan sudah berapa lama, dan apakah nyeri tersebut tersebut terus menerus? Apakah ada hal lain seperti tidak simetris antara payudara kanan dan kiri, keluar cairan atau borok dipayudara?
Berikut beberapa keluhan nyeri pada payudara dengan atau tanpa benjolan, dapat disebabkan oleh :

  • Perubahan fibrokistik, merupakan perubahan pada payudara karena ketidakstabilan hormon, bisa menjelang masa menstruasi atau saat mestruasi. Perubahan tersebut menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri. Puting susu akan lebih sensitif. Kondisi ini bukanlah penyakit, dan akan membaik setelah menstruasi lewat.
  • Gejala tidak pasti tanda adanya kehamilan.
  • Fibro adenoma : yaitu benjolan pada payudara (mungkin saja terletak dekat ketiak) yang terjadi akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu (lobulus) dan jaringan di sekitar payudara. Benjolan biasanya tidak terasa sakit, dan jika ditekan akan bergeser.
  • Kista, merupakan kantong berisi cairan dalam jaringan payudara, sehingga menimbulkan benjolan. Jika diraba, benjolan terasa lunak. Kista yang berukuran lebih dari 2.5 cm dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara.
  • Infeksi bakteri seperti mastitis juga dapat menimbulkan benjolan yang terasa nyeri. Kondisi ini kerap dijumpai pada ibu menyusui.
  • Lipoma, yaitu benjolan yang terdiri dari jaringan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma bisa bergerak atau bergeser jika ditekan dengan jari secara perlahan-lahan, terasa lunak dan biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

 
Semoga dapat membantu, Semoga Sobat dan keluarga selalu dalam keadaan sehat, Salam Sehat ­čÖé

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.