Tmj

Selamat pagi dok,keluhan saya adalah ketika saya membuka mulut lebar maka terdengar suara bunyi tulang rahang saya yang bergeser dan ketika saya membuka mulut maka pendengaran di telinga sebelah kiri saya terganggu seperti tertutup begitu dikarenakan tulang rahang bawah sebelah kiri saya yang bergeser,kejadian ini sudah cukup lama saya biarkan dok sekitar 4 tahunan lalu saat saya kelas 1 sma dan sekarang saya kuliah smster 2.tulang rahang bawah saya bergeser waktu saya sedang menguap dikelas karena terlalu lebar maka saya merasakan ngilu dan nyeri pada tulang rahang sebelah kiri saya dan sampai sekarang bila saya membuka mulut lebar maka terdengar bunyi tulang rahang bawah saya yg bergeser,bagaimana cara pengobatannya dok?apakah harus operasi?saya takut operasi dok makanya saya biarkan selama 4 tahun,apakah masih bisa disembuhkan dok?
Terimah kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 17/05/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima Kasih telah munggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok 🙂
Gangguan temporomandibular joint (TMJ) adalah sekelompok masalah kompleks sendi rahang, karena otot dan persendian rahang bekerja sama, masalah dengan salah satu dapat menyebabkan kejang, sakit kepala, sakit telinga, masalah gigitan (malocclusion), mengklik suara, atau terkunci rahang sendi yang mempengaruhi gerak membuka dan menutup rahang, mengunyah dan berbicara. 
Gejala Gangguan TMJ : rasa sakit, nyeri di dalam atau sekitar telinga, kesulitan mengunyah atau ketidaknyamanan saat mengunyah, wajah sakit, mengunci dari sendi, sehingga sulit untuk membuka atau menutup mulut, nyeri kepala, tidak nyaman menggigit, gigitan yang tidak seimbang.
Berikut penatalaksanaan Gangguan TMJ :

  1. Istirahatkan sendi rahang dan makan makanan lunak.
  2. Obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, ibuprofen bisa membantu. Jika masih sangat terganggu nyeri nya dapat diberi obat relaksan otot. 
  3. Fisioterapi, Sobat mungkin dapat dirujuk pada dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi Medik, berbagai terapi dapat membantu otot-otot rahang untuk bekerja lebih baik. 
  4. Pembedahan, sangat sedikit pasien yang di usulkan untuk dilakukan pembedahan. Berbagai operasi yang berbeda dapat dilakukan, tergantung pada situasi individual pasien.

Tips untuk menghindari gangguan TMJ antara lain, hindari kebiasaan membuka mulut terlalu lebar (saat makan, menguap, tertawa), hindari kebiasaan mengunyah pada satu sisi mulut saja dan kebiasaan bertopang dagu.
Jika sobat merasa khawatir atau dirasa sangat mengganggu sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasikan hal ini dengan dokter gigi atau spesialis THT terutama apabila gangguan tersebut membuat Anda kesulitan saat berbicara ataupun makan. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik secara langsung, pemeriksaan penunjang, untuk menemukan penatalaksanaan yang terbaik
Semoga membantu dan Semoga Sobat selalu dalam keadaan Sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.