Insomnia sudah 2 hari

Saya terkena insonmia sudah 2 hari
tapi anehnya malamnya saya muntah dan bab itu berulang x
bahkan obat tidurpun tdk mempan
jadi siang hari saya tidur penganti malam kurang lebih 4-5 jam
krna saya ijin tdk masuk kerja.
apa solusinya ya dok ?

1 Jawaban Dokter

Staff 17/05/2018
Public

Selamat Pagi Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya dok 🙂
Apakah sebelumnya sobat sering mengalami insomnia? Bagaimana pola buang air besar sebelum 2 hari ini? ApakahBAB nya cair atau hanya frekuensinya yg lebih? Apakah ada penyakit lain misal panas, perut sakit dan kondisi medis lainnya? Apakah sedang mengalami masalah, apakah tubuh anda sedang kelelahan, apakah anda sehabis atau sedang berpergian, kebiasaan mengkonsumsi obat seperti obat penenang atau obat tidur?
Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya lelah.
Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Pola tidur juga berubah, dimana waktu tidur menjadi lebih pendek dan pada saat tidur lebih banyak terjaga. Walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur. Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.
Sementara untuk gangguan tidur karena depresi biasanya kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun.
Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur, Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat), bekerja pada malam hari, sering berubah-ubah jam kerja, penggunaan alkohol yang berlebihan, efek samping obat (kadang-kadang), kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).
Selain itu ada kondisi lain yang dapat menyebabkan gangguan tidur yaitu “gangguan cemas”. Gangguan cemas merupakan kondisi dimana seseorang merasa stress atau khawatir mengenai banyak hal dalam setiap hari, setiap kegiatan dan setiap aktivitas yang di lakukan. Hal-hal yang dikhawatirkan biasanya dapat hal-hal yang remeh dan kurang penting yang seharusnya tidak perlu dikhawatirkan. Penderita gangguan cemas dapat mengalami gejala seperti, sering merasa kelelahan, mengalami nyeri otot atau nyeri kepala, sering kekamar mandi biasanya sering BAB, terkadang sulit mengeuarkan BAB atau konstipasi, mengalami kesulitan tidur, gangguan somatisasi.
Solusi adalah menemukan penyebabnya dan tips seperti memperbanyak aktifitas disiang hari lalu menjelang sore merilekskan diri dirumah dan mengisi perut dengan makanan atau minuman hangat sebelum waktu tidur bisa membantu dan perbanyak olah raga disiang hari.
Apabila dirasa sangat mengganggu dan sobat khawatir, sobat dapat memeriksakan langsung ke dokter umum, atau dokter spesialis penyakit dalam (untuk bab dimalam hari dan gangguan tidur) atau psikiater. Pemeriksaan secara langsung untuk upaya menggali apa penyebabnya, apakah ada kondisi medis tertentu terkait dengan gejala insomnia yang sobat rasakan dan mendapatkan terapi dari kondisi sobat.
Semoga bermanfaat dan semoga sobat lekas fit sehat sedia kala, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.