Anak mengalami alergi dan tdk suka dgn rasa sufor yg diberikan

Anak laki-laki, usia 6 bulan 23 hari, BB anak saat usia 6 bulan seberat 6,9kg. Saat mencoba sufor sbg susu pendamping asi (karena saya ibu pekerja) saat usianya 5 bulan, saat memasuki minggu kedua minum sufor tiba2 anak saya mengalami ruam disekujur tubuhnya, muntah berulang lebih dari 5kali dalam satu malam, dan BAB berwarna hijau. Saya periksa ke dokter anak, dianjurkan untuk kembali ASIX selama 1 minggu. Kemudian saya dianjurkan menggunakan sufor hidrolisa parsial, dan anak saya tdk suka dgn rasa sufornya tetapi setiap saya memberi sufornya dia sempat mencicip sufornya. Kembali terulang, anak saya mengalami ruam di minggu kedua dan mengalami diare yg bs lebih dari 7kali sehari. Alhasil saya harus kembali ASIX. Setelah itu saya menggunakan sufor dgn free lactosa, dan anak masih tdk suka dgn rasa sufornya tp tetap saya coba agar dia mau minum sufor, alhasil saat saya mencoba memberikan sufor ketiga kalinya anak malah muncul ruam di area mulut dan langsung saya hentikan pemakaian dan kembali ASIX. Sekarang saya sedang mencoba menggunakan sufor dgn protein soya, dan anak kembali tdk suka dgn rasa sufornya, dia hanya mencicipi dan tdk mau meminumnya sama sekali. Saya baru mencoba memberikan 2kali karena respon anak yg tetap menolak sufor, akan tetapi belum nampak ada gejala alergi dari pemakaian sufor protein soya. Namun anak saya pernah mencoba makanan instan yg mengandung protein soya dan baru sekali memakan langsung muncul ruam di area mulut. Jadi kira2 bagaimana solusi utk anak saya memiliki alergi dan tdk suka dgn rasa setiap sufor yg diberikan? Makasih.

1 Jawaban Dokter

memang 80% anak yang alergi susu sapi juga alergi dengan protein kedelai.

seharusnya anak yang alergi susu sapi, pilihan sufornya adalah susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. tp balik lagi dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

susu hidrolisa (baik parsial maupun ekstensif), dan susu asam amino memang rasanya tidak enak bu. makanya bila baru dicoba diusia ini anak pasti tidak mau.

susu bebas laktosa atau rendah laktosa tidak efektif untuk kasus anak alergi susu sapi. susu tersebut diperuntukan anak yang intoleransi laktosa.

untungnya, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu.

solusinya: bila anak sudah tidak alergi soya, ibu bisa gunakan susu soya. pilih merk yang anak masih bisa terima rasanya. setelah beberapa kali coba baru anak bisa menerima rasa baru bu. tetapi bila masih alergi dengan kedelai, terpaksa ASI. dan ibu harus pantanf susu sapi, susu kedelai, serta semua makanan yang mengandung susu sapi atau kedelai seperti coklat, keju, mentega, roti, biskuit, tahu, tempe, kecap, dll.

juga karena anak ibu sudah 6 bulan, maka MPASInya harus bebas makanan2 tersebut.

setelah usia 1 thn boleh coba kembali baik susu sapi atau susu kedelai atau makanan yang mengandung protein tersebut.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.