1 Jawaban Dokter

Staff 17/05/2018
Public

Selamat Pagi Bunda,
Pertama-tama saya ucapkan selamat atas kelahiran bayi bunda¬† ūüôā
Ubun-ubun bayi terasa lunak merupakan tanda bahwa tulang-tulang tengkorak bayi belum menyatu sepenuhnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang agar otak bayi terus berkembang dan bertambah besar setelah dilahirkan, untuk mengakomodasi pertambahan ukuran otak tersebut. Normalnya ubun-ubun akan menutup saat bayi berusia 18-24 bulan. Walaupun belum tertutup oleh tulang tengkorak, ubun-ubun lunak pada bayi di lapisi oleh jaringan yang cukup tebal sehingga tetap aman walaupun tersentuh. 
Denyut yang teraba pada ubun-ubun bayi berasal dari pembuluh darah yang terdapat di bawahnya. Denyutan tersebut seirama dengan detak jantung bayi, sama seperti denyutan yang dirasakan di pembuluh nadi pada bagian tubuh bayi lainnya seperti lipat paha dan lipat siku. Kadang denyutan lebih jelas teraba saat jantung bayi bedetak lebih keras dan lebih cepat, misalnya saat bayi menangis. Sebaliknya saat kondisi bayi tenang, misalnya saat bayi tertidur, jantung bayi berdetak lebih pelan dan lembut sehingga kadang denyutan tersebut sulit untuk diraba. Ubun-ubun yang tidak teraba denyutnya sejak lahir bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin denyutan tidak dapat diraba karena pembuluh darah yang letaknya lebih dalam, atau karena jaringan yang melapisi ubun-ubun bayi lebih tebal sehingga menyulitkan perabaan pembuluh darah. Anda tidak perlu terlalu khawatir selama ubun-ubun masih teraba lunak dan tidak terdapat tanda-tanda penutupan tulang tengkorak yang lebih cepat dari normalnya. Anda juga dapat mengamati tumbuh kembang dan adanya keluhan yang muncul pada bayi. Selama tumbuh kembang bayi berlangsung dengan normal dan tidak ada keluhan, maka masih dapat dikatakan normal.
Yang harus di waspadai adalah apabila tidak adanya denyut yang teraba pada ubun-ubun bayi ini disertai dengan penutupan ubun-ubun yang lebih cepat dari seharusnya, atau bahkan ubun-ubun yang sudah tertutup sejak lahir. Ubun-ubun yang sudah menutup sejak lahir dapat merupakan kelainan bawaan. Sedangkan penutupan ubun-ubun yang jauh terlalu cepat dapat disebabkan oleh pertumbuhan kepadatan tulang yang berlebihan. Ubun-ubun yang menutup terlalu cepat akan menghambat perkembangan otak bayi karena tidak adanya ruang untuk pertambahan ukuran otak. 
Jika Bunda merasa khawatir, Bunda dapat memeriksakan kondisi bayi kepada dokter umum terdekat atau dokter spesialis anak. Dokter akan membantu Anda untuk memastikan apakah memang tidak terdapat denyutan pada ubun-ubun lunak bayi, ataukah denyutan terlalu halus sehingga sulit diraba. Selain itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah terdapat tanda-tanda penutupan tulang tengkorak sebelum waktunya, dan apakah kondisi ini terkait dengan masalah medis tertentu.
Semoga bermanfaat dan terima kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok
Semoga Bunda dan keluarga sehat selalu, Salam Sehat ūüôā
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.