Nyeri pada lutut saat tumpuan

Selamat pagi dok, saya mau menanyakan soal keluhan saya selama 4 tahun terakhir yang selalu nyeri saat lutut pada kaki saya melakukan kegiatan yang intensitasnya tinggi pada tumpuan. Semisal berlari, melompat, dll. Beberapa waktu lalu saya sempat scan MRI dan kesimpulannya patellar alta dengan displasia trochela yang menimbulkan ketidakstabilan yang tampak sebagai osteophytes/osteoarthrosis secunder. Menurut dokter dengan analisis seperti itu apa yang harus saya lakukan? Saya sudah banyak minum obat dan fisoeterapi. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Dari diagnosis penyakit yang sobat paparkan. Nyeri yang sobat rasakan dikarenakan tempurung lutut tidak berada di tempatnya dan membuat perubahan bentuk di jaringan sekitar. Hal ini yang menyebabkan nyeri yang sobat rasakan. Bila sobat sudah mengonsumsi obat dan sudah melakukan fisioterapi sebaiknya sobat kembali konsultasi ke dokter spesialis orthopedi atau bedah tulang untuk diperiksa kembali dan diberikan penanganan lebih lanjut. Untuk sementara sobat bisa mengonsumsi obat analgesik yg biasa diberikan dan juga berenang untuk latihan. Semoga informasi ini membantu

#1
  1. Jika selama 4 tahun lebih sudah sering mengkonsumsi obat dan fisioterapi dengan berenang dan bersepeda masih belum juga normal, biasanya apa yang dianjurkan dokter sesuai diagnosis yang telah saya paparkan?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.