hipertensi & kolesterol

Sy wanita usia 48 , keluhan saat ini adl hypertensi 167/103,. Asam urat 6,4 , kolesterol 217 ,. Badan sakit semua bergeringging & kadang pusing mual ,. Sy blm periksa & mnm obat sm sx krn sy brsh menghindari obat ,. Kl bs konsumsi herbal ,. Kira2 bgmn mnrt dokter apa benar tindakn sy atau apa yg hrs sy lakukan ,. Trmksh ??

2 answer

Halo sobat,
Dengan tensi yang seperti sobat sebutkan. Sobat sudah dikategorikan hipertensi atau darah tinggi dan harus diberikan obat penurun tekanan darah. Tensi yang terlalu tinggi bila dibiarkan berlarut larut kedepannya bisa menyebabkan masalah seperti pembengkakan jantung dan juga stroke. Hipertensi tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol dengan mengonsumsi obat penurun tekanan darah secara rutin dan tak lupa mengontrol tekanan darah. Meminum obat penurun darah tinggi secara teratur dan rutin tidak menyebabkan ginjal rusak namun malah menjaga fungai ginjal kita.
Untuk asam urat yang sobat miliki itu sudah diatas batas normal untuk wanita. Asam urat yang tinggi menyebabkan keluhan nyeri di sendi-sendi jari kaki dan tangan. Mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar asam urat dengan kadar yg sobat miliki diperlukan. Selain dari mengontrol makanan dengan menghindari makanan kacang-kacangan, emping, isi dalam, nangka, kangkung dll yang tinggi akan purin. Obat penurun asam urat di perlukan hanya sampai kadar sobat kembali normal.
Untuk masalah kolestrol. Memang diatas nilai normal tapi saya sarankan sobat untuk mengatur pola makan saja dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan mengurangi makanan berlemak termasuk makanan yg digoreng.
Jangan lupa untuk terapkan pola hidup sehat istirahat cukup dan olahraga teratur. Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.