apakah saya terkena penyakit TBC doc?

assalamu alaikum , dok saya ingin bertanya sudah seminggu saya mengalami muntah lalu mengeluarkan darah sedikit seperti flek darah , tetapi muntah yang terjadi tanpa mengalami mual atau batuk-batuk hanya tiba-tiba saja muntah begitu saja. Dan ketika saya lihat muntahan saya seperti lendir /air liur/air ludah dan terdapat darah yang sedikit.Saya sudah melakukan rontgen dari hasil pemeriksaaan,hasilnya SUSPEK TB BARU paru kanan.Lalu saya mengecek dahak darah tersebut atau muntahan saya dan hasil nya pun negatif.
apakah saya harus mengecek bagian yang lainnya untuk memastikan penyakit saya? saat ini keadaaan saya pun tidak mengalami tanda-tanda tbc
seperti demam,batuk2,berat badan menurun , meriang dsb itu tidak saya alami.

jadi apakah saya terkena penyakit TBC doc ? atau penyakit lain?

1 Jawaban Dokter

Staff 11/05/2018
Public

Selamat siang.
Gejala batuk darah dan hasil pemeriksaan rontgen yang Anda informasikan memang mengarah pada diagnosa TBC paru. Namun diagnosa tidak dapat ditegakkan tanpa wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung.
Saran saya sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya telah melakukan pemeriksaan pada kondisi fisik Anda dengan membawa hasil pemeriksaan penunjang seperti rontgen paru dan pemeriksaan dahak. Dokter tsb akan menilai apakah diagnosa sudah dapat ditegakkan atau masih perlu pemeriksaan lain untuk memastikan.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.