bagaimana cara menangani menstruasi yang sangat sedikit

dok mohon dijawab ya pada hari selasa saya donor darah. itu pertama kalinya saya donor darah kemudian saya pingsan dan mengonsunsi obat penambah darah. kemudia 2 hari setelah saya donor darah saya haid(kamis). namun darah yang keluar sangat sedikit dan cair, berwarna merah transparan. apakah mungkin itu dikarenakan saya donor darah atau ada penyebab lain?

1 Jawaban Dokter

Staff 11/05/2018
Public

Selamat siang.
Jika Anda diresepkan obat penambah darah maka kemungkinan Anda mengalami anemia. Hal ini perlu dipastikan terlebih dahulu melalui konsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kadar hemoglobin darah.
Jika dari hasil pemeriksaan Anda dinyatakan tidak mengalami anemia, maka kemungkinan lain penyebab keluhan yang Anda alami adalah faktor psikologis (mungkin saat ini Anda masih mengalami stres atau kecemasan karena sempat pingsan saat donor darah tsb atau karena masalah lain), atau kelelahan fisik (misal kurang istirahat, pola makan yang kurang baik, dll).
Beristirahatlah 7-9 jam per hari, kurangi aktivitas berat, hindari pencetus stress, lakukan relaksasi, dan terapkan pola makan sehat dan teratur.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.