Cara utk mengurangi rasa sakit pada haid pada saat haid

Dok saya wanita berusia 47 thn dan sudah menunjukkan tanda menopause. Tapi msh ada dtg bln. Tapi saat dtg bln saya merasakan nyeri yg amat sangat. Saya jg memiliki mslh dgn lambung saya. Saya pernah berkonsultasi dgn dokter kandungan d rs dan diagnosis menderita miom. Dan saya diberi obat mst continus 10 mg. Tapi saya tdk berani utk mengonsumsinya karna takut akan efek samping yg ditimbulkan. Nyeri disini bkn hanya nyeri biasa ini membuat saya susah gerak dan tdk bisa berbuat apa2. Apakah dokter ada saran utk saya? Dan cara mengurangi pada saat terjadi haid?

1 Jawaban Dokter

Staff 10/05/2018
Public

Selamat Siang Ibu,

Dalam dunia medis, terdapat beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk memilih langkah pengobatan yang akan dijalani oleh pasien. Pada prinsipnya Dokter akan berusaha menentukan langkah pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien. Misalnya pada mioma, langkah pengobatan dipilih dengan mempertimbangkan gejala yang dirasakan pasien, usia, tingkat kesembuhan atau kesakitan penyakit dan lain lain.

Rasa sakit luar biasa saat menstruasi adalah merupakan gejala dari penyakit di organ wanita seperti mioma, endometriosis, kista maupun gangguan hormon, rasa nyeri ini dapat dikurangi dengan obat pereda sakit jenis anti-inflamasi non-steroid (OAINS) seperti Ibuprofen. Parasetamol juga dapat diminum untuk meredakan nyeri tapi tidak seefektif OAINS. Dan beberapa obat anti nyeri lainnya yang kadarnya lebih tinggi dari jenis tersebut. selain dengan obat-obatan Ibu mungkin dapat mengurangi nyeri dengan kompres hangat di area perut bawah. Perlu dipahami bahwa obat anti nyeri tidak menghilangkan penyakit namun hanya meghilangkan gejala nyeri saja.

Obat yang sudah ibu dapat dari dokter, adalah salah satu obat anti nyeri, Apabila telah mengonsumsi obat tersebut dan terdapat keluhan nyeri haid tetap mengganggu, Ibu dapat kontrol kembali ke Dokter Kandungan Selain obat pereda nyeri, nantinya Dokter akan mempertimbangkan terapi atau tindakan lainnya untuk bukan hanya menghilangkan rasa nyeri tetapi bertujuan untuk menghilangkan penyakit. Dan tindakan operasi merupakan pilihan terakhir apabila langkah-langkah sebelumnya tidak menunjukkan hasil yang baik.

Hal yang dapat dilakukan sementara ini:
– Kontrol ke Dokter kandungan dan diskusikan mengenai diagnosa dan langkah-langkah penanganan yang akan diambil dengan mempertimbangkan faktor tingkat kesakitan, usia Ibu, dan lain lain
– Menjaga agar berat badan tetap ideal, makanan yang masuk cukup gizi dan vitamin
– Batasi konsumsi makanan instan, atau yang memiliki pengawet
– Tingkatkan asupan buah dan sayur
– Hindari konsumsi minuman beralkohol
– Rutin berolahraga 3 x seminggu
– Kelola stres psikis

Semoga dapat membantu, Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya Jawab Tanya dok. Dan Semoga Ibu segera Sehat seperti sedia kala 🙂

– Salam Sehat –

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.