Bertanya

pagi dok, sya mau tanya,. ibu saya mengalami gatal gatal di bagian kaki (Tulang kering) gatalnya di dalam kulit, karna saking gatalnya ibu saya garuk bagian yg gatal itu,. Sampe lecet, dan 2hri stelahh itu, lukanya ga sembuh, sebagian sudah kering,. Seperti Kulit yang kena rokok (melepuh) sebagian lukannya ad yg blm kering, sama seperti korengan pada umumnya,.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/05/2018
Public

Selamat Pagi Sobat,

Gatal pada kulit bisa disebabkan karena banyak faktor diantaranya seperti infeksi jamur pada kulit, dermatitis kontak alergi dan iritan, psoriasis, kulit kering, stress, dan masalah medis lainnya.

Gatal-gatal pada kulit yang digaruk akan bisa menimbulkan infeksi. Garukan yang terkena infeksi pada akhirnya akan membentuk krusta atau koreng. Koreng adalah timbunan cairan, nanah, darah, maupun kotoran di kulit yang gatal dan digaruk lalu infeksi.

Untuk mengetahui penyebab gatal, mengatasi luka koreng dan untuk mengetahui apakah ada kondisi medis tertentu yang menyebabkan kulit gatal di butuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter secara langsung. Ibu sobat dapat memeriksakan diri pada dokter klinik terdekat atau dokter spesialis kulit di RS. Selanjutnya dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk membersihkan koreng dan mengatasi gatal yang timbul.

Untuk mencegah gatal terulang dan mengurangi rasa gatal kembali, Ibu sobat bisa melakukan beberapa hal berikut:

– Hindari makanan atau faktor pencetus gatal
– Hindari menggaruk bagian yang gatal
– Potong kuku agar tidak melukai kulit
Kompres dingin untuk mengurangi gatal
– Gunakan sabun yang hypoallergenic seperti sabun bayi
– Kelola stress dengan baik
– Jaga kebersihan tubuh dengan mandi 2x sehari

Semoga bermanfaat, Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya dok dan semoga Ibu sobat cepat kembali pulih 🙂

– Salam Sehat –

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.