2 answer

Staff 10/05/2018
Public

Selamat Siang Sobat Sehat,

Sebelum meningkatkan berat badan perlu di ketahui dahulu apakah berat badan Sobat di bawah berat badan normal atau tidak dengan menggunakan perhitungan metode indeks massa tubuh. Perhitungan indeks massa tubuh di hitung dari berat badan (kilogram) dibagi dengan tinggi badan (meter kuadrat), hasil kategori normal kisaran 18,5 – 24,9 dan Jika hasilnya dibawah 18,5 maka termasuk kategori berat badan dibawah normal maka sebaiknya dilakukan usaha-usaha secara alami dan sehat untuk menaikkan berat badan Sobat.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan :

– Penuhi makanan dengan nasi, lauk pauk dan sayur 3 kali sehari cukup kalori 3 kali sehari dengan jadwal teratur pagi pkl 06.00 -siang pkl 12.00 -malam pkl 19.00, lalu di selingi dengan satu gelas susu dan roti tawar 1 tangkap isi keju pada setiap jam 10 pagi dan jam 9 malam, snack buah dan biskuit di jam 4 sore.
– Konsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi dan kalori namun hindari makanan berlemak, makanan dan minuman instan dan ber kadar gula tinggi
– Olahraga rutin 2-3 kali dalam seminggu
– Istirahat yang cukup kurang lebih 8 jam/hari.

Ada pula beberapa kondisi kesehatan yang menghambat peningkatan berat badan, di antaranya :
1. Gangguan kelenjar tiroid (hipertiroid)
2. Penyakit celiac dimana terjadi gangguan penyerapan nutrisi
3. Gangguan makan seperti anoreksia

Jika tips diatas telah dilakukan dan tidak ada perubahan sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan dokter ahli gizi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sesuai penyebab yang mendasarinya. 

Semoga membantu, Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya dok, Semoga Sobat dalam keadaan Sehat selalu 🙂

– Salam Sehat –

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.