Obat

Selamat siang dok, saya mau bertanya mengenai obat. Eyang saya tidak bisa berjalan, sehingga hanya berada di tempat tidur saja. Lalu, eyang saya kalau BAB tidak bisa keluar kalau tidak dengan bantuan obat dulcolax yang dimasuk kan ke anus. Apa boleh dok menggunakan terlalu sering obat tersebut? Tolong dijawab dan dijelaskan.

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat,
Apakah ada riwayat penyakit tertentu yg diderita eyang anda, seperti stroke, diabetes,kelumpuhan terkait riwayat trauma, yg menyebabkan ia susah berjalan? Apakah ada keluhan lain seperti sulit makan,minum?
Keluhan gangguan berjalan/kelumpuhan yg dialami dpt terkait dgn penyakit tertentu seperti stroke, gangguan pd persyarafan,riwayat trauma,dan bbg komplikasi lainnya,dan untuk penanganan kelumpuhan tsb sebaiknya sesuai dgn faktor yg menyebabkannya. Apabila ada riwayat stroke yg menyebabkan kelumpuhan, maka dpt dicoba melakukan fisioterapi rutin, atau penanganan disesuaikan. Untuk susah BAB, cobalah dibantu dgn konsumsi air mineral, makan makanan berserat seperti buah dan sayur shg dapat meminimalisir penggunaan pencahar. Gangguan BAB dlm jangka waktu lama dpt menyebabkan ambeyen, atau gangguan lain terkait sal. Cerna, konsultasikan pula keluhan eyang anda thd dokter scr lgs untuk evaluasi dan penanganan yg sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.