Kulit bayi merah2 dan kering pada area lipatan paha, tangan dll

Dok, anak saya perempuan usia 6 bulan. Dari sejak lahir anak saya dibantu sufor karena asi kurang. Pada umur 2-3bulan anak saya sering merah2 disekitar pipi, leher dan lipatan2 pada, tangan dll, pas kedokter anak pada saat imunisasi, dokter tsb mengatakan anak saya alergi susu sapi, saya sudah mencoba mengganti dgn susu soya hingga susu rendah lactosa, akan tetapi merah2 pd anak saya tetap timbul, skrg anak saya sudah mpasi, dan sering garuk2 kepala, padahal kulit kepalanya bersih, tidak ada sisik ataupun ketombe, dan mengalami kulit kering serta merah2 pada paha, lipatan paha, tangan dan leher, apakah anak saya alergi suatu makanan tertentu dok? Sejauh ini mpasi yg saya berikan berupa sayuran (kentang, wortel, brokoli, edame & kacang merah), buah2an (buah naga, pepaya & pisang), ubi, daging dan ikan salmon.

1 Jawaban Dokter

bu, bila anak ibu alergi susu sapi 20% anak masih mungkin alergi juga bu. kalau susu rendah laktosa tidak ada hubungannya dengan alergi susu sapi karena tetap protein susu sapi murni.

jadi kalau memanv alergi susu sapi, baiknya ibu ganti susunya dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*). tetapi rasanya tidak enak bu. belum tentu anak suka bila usianya sudah 6 bulan.

mpasinya juga sama harus yg bebas susu sapi. makanan seperti biakuit, coklat, keju tidak bisa diberikan.

selain itu untuk pengenalan mpasinya baiknya dilakukan bertahap. 1 jenis makanan baru setiap 3 hari. jadi kalau ada alergi yang lain ketauan bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.