Mengurangi Alergi gatal apabila alergen disebabkan oleh bahan sehari hari

Dok, saya mau tanya, Jenis kelamin saya pria, umur 22 thn, beberapa tahun belakangan ini tiba – tiba saja saya terserang alergi, skin prick test sudah saya lakukan. Masalahnya alergen saya ternyata adalah bahan sehari hari, diantaranya susu, kuning telur, teh, kopi. Beberapa bulan terakhir saya konsumsi obat alergi dengan nama ryvel cetirizine, dan gejala menghilang, tapi belakangan obat mulai tidak mempan dan alergi sepertinya makin parah. Semenjak skin prick test, saya sudah coba hindari alergen – alergen yang dapat menyebabkan alergi (kecuali kuning telur karena hanya +1 dan hampir ada di semua masakan), tapi alergi tetap muncul dan memaksa saya untuk konsumsi obat ryvel tsb, adakah cara menghilangkan gejala dok? dan adakah obat alami yang bisa saya konsumsi untuk menghilangkan alergi, karena gejala yang ditimbulkan sudah cukup parah, gatal gatal di kulit dan terkadang ada pembengkakan pada mata, telapak kaki dan tangan, dan juga bibir, mohon bantuan-nya dok, terimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Alergi muncul sebagai akibat respon imun yang berlebihan terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya. Efek dari respon imun inilah yang menyebabkan gejala alergi tersebut, seperti gatal, sesak, bengkak, dan sebagainya.
Memang satu-satunya untuk mencegah terjadinya alergi adalah dengan menghindari pencetus alergi. Untuk mengurangi gejala alergi, terkadang dokter akan memberikan obat antihistamin (mis: cetirizine), terkadang ditambah dengan kortikosteroid. Perlu diingat, selama masih terpapar dengan pencetus alergi, gejala alergi dapat muncul kapanpun.
Beberapa penelitian terkait alergi juga saat ini sedang dilakukan, salah satunya dengan imunomodulasi. Walaupun demikian, dikarenakan masih dalam tahap penelitian, tatalaksana ini belum dijadikan baku emas pengobatan alergi. Apabila sobat ingin mengetahui lebih lanjut terkait hal ini, sobat dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi-imunologi.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.