masalah hormon

Bapak/Ibu Dokter Yth,
Saya memiliki seorang putra berumur 13 tahun 9 bulan,sampai sekarang belum timbul JAKUN (yang di leher)sedangkan temen-temennya yang lain saya lihat sudah pada timbul dan dia bersikap seperti rada feminim.
Yang mau saya tanyakan adalah apakah anak saya harus periksa Hormon ? saya sudah pergi ke psikiater anak tp dokter bilang masih tahap normal,dan yang buat saya bingung adalah payudara nya sebelah kanan agak numbuh dan agak sakit.

Bisakah dokter bantu ,harus kemana anak saya periksa.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Umumnya pubertas pada pria baru dimulai saat anak berusia antara 9-14 tahun. Pubertas pada pria memang lebih lambat jika dibandingkan wanita yang umumnya 1-2 tahun lebih cepat. Selain itu, sobat juga tidak perlu khawatir dengan membandingkan kecepatan perkembangan seksual anak dengan teman-temannya. Ada anak yang sudah tampak perkembangan seksualnya pada usia 9 tahun, sementara anak lainnya baru muncul pada usia 14 tahun. Hal tersebut masih termasuk kategori wajar.
Beberapa anak laki-laki yang sedang mengalami pubertas juga putingnya dapat membesar dan terasa sakit, yang mana dikenal sebagai ginekomastia. Hal ini wajar mengingat hormon esterogen juga dibuat dengan bahan yang sama dengan hormon testoteron. Setelah pubertas selesai, umumnya puting akan kembali seperti semula (tidak membesar dan terasa sakit).
Untuk masalah kepribadian anak, selama anak memiliki pemikiran positif, mampu menghadapi tantangan, serta menerima dirinya dan orang lain seharusnya anak tidak memiliki masalah apapun terkait kepribadian.
Demikian, semoga jawban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.