ga mau minum susu formula

siang dok.. dok anak saya umur 11 bulan.. udh tak coba minum susu formula ga mau semua.. klo mau tak ksih susu formula yg ada rasa madu nya tp aturan pakainya buat umur 1 th keatas boleh ga ya dok.. kan usianya udah 11bulan.. bs mengakibatkan mencret ga ya dok? mohon pnjelasanya.. mkasih

1 Jawaban Dokter

Staff 03/05/2018
Public

Selamat Siang Bunda,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya dok
Apakah umur 11 bulan sudah dapat meminum susu formula rasa madu, Jika keterangan di bungkus susu tersebut untuk anak 1 tahun keatas, Hal tersebut kemungkinan adalah berhubungan dengan tingkat kematangan usus anak dalam mencerna madu. Produk susu tersebut sudah diuji coba pada anak umur 1 tahun keatas. Beberapa anak dengan beberapa anak lainnya tentu berbeda dalam tingkat kematangan organ. Ada baiknya bunda menunggu atau jika nanti anak bunda mengkonsumsi diencerkan terlebih dahulu atau sedikit demi sedikit. efek samping jika usus belum siap mencerna bisa terjadi muntah atau mencret.Untuk lebih jelas jawaban pasti bunda dapat bertanya kepada customer care masing-masing produk susu tersebut.
Dan Kami mengerti kekhawatiran yang Bunda rasakan. Usia anak bunda saat ini dalam tahap MPASI. Perlu diketahui setelah anak berusia 6 bulan, susu hanyalah menjadi makanan tambahan bagi anak karena makanan utama anak sudah berupa makanan MPASI. Jika Bunda saat ini masih menyusui ASI, maka lanjutkan menyusui hingga 2 tahun.
Bunda dapat mengejar BB dengan asupan makanan MPASI, yang terpenting adalah asupan makanan yang seimbang dan bergizi dalam setiap menu makanan anak Anda. Asupan yang kami maksud adalah terdapatnya kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Anda tidak perlu khawatir anak akan terhambat pertumbuhannya jika tidak mengkonsumsi susu. Apabila anak tidak mengonsumsi susu namun kebutuhan gizinya terpenuhi dari makanan padat, maka tidak ada masalah.
Bunda dapat menyusun menu jadwal makan anak Bunda. Lalu bunda dapat membandingkan dengan tabel tumbuh kembang anak, apakah pertumbuhan anak bunda sudah sesuai dengan umur.
Bunda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Bunda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.
Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.
Dan Semoga keluarga Bunda dalam keadaan sehat selalu. Salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.