1 Jawaban Dokter

Staff 03/05/2018
Public

Selamat siang Sobat,
 
Sudah berapa lama anda merasakan panas, batuk berdahak dan pilek? berapa suhu badan sobat saat ini? Sangat dimungkinkan sobat sedang mengalami infeksi di saluran pernafasan. Sedangkan perasaan tidak enak saat makan dan mencium bau makan tidak enak adalah pengaruh dari sakit infeksi tersebut.  Apa sobat sudah meminum obat? Dan apa yang sudah sobat lakukan untuk mengobati sakit yang sobat rasakan?
Pada cuaca tak menentu seperti saat ini, Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) sangat banyak terjadi. Untuk mencegah dan membantu meredakan :

  1. Sobat dapat menjaga asupan minum yaitu dengan sering minum air hangat, membilas tenggorokan yang sedang teriritasi akan sangat membantu penyembuhan proses radang ditenggorokan.
  2. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan cukup istirahat dan cukup asupan vitamin, makan buah-buahan dan sayur-sayuran.
  3. Sobat bisa meminum madu maupun suplemen vitamin

Selain 3 hal diatas yang membantu proses penyembuhan, Jika sobat sudah terinfeksi lebih jauh, mungkin sobat bisa meminum obat seperti obat yang dijual bebas untuk batuk berdahak, contoh : OBH, atau seperti obat tablet yang dijual bebas yang mengatasi langsung pilek,batuk berdahak dan panas.
Sobat juga disarankan untuk dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter apabila belum sembuh selama 3 hari dengan obat yang dijual bebas atau dibawah 3 hari jika panas sangat tinggi, dehidrasi atau dirasa butuh penanganan lebih lanjut, atau membutuhkan antibiotik yang diresepkan oleh dokter agar dapat diperiksa secara langsung.
 
Terima kasih sudah memakai layanan tanya jawab Tanya dok,
dan Semoga sobat segera sembuh seperti sedia kala, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.