2 answer

Halo Sobat,
Keluhan sulit tidur bisa berupa kesulitan memulai tidur, tidur yang terbangun-bangun, ataupun kesulitan untuk tidur kembali setelah terbangun yang mengakibatkan kualitas dan kuantitas tidur terganggu. Banyak hal yang menjadi penyebab sulit tidur baik dari segi aktivitas yang dilakukan seharian serta masalah pikiran. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  • Tidur malam yang terjadwal. Tetapkan waktu kapan anda akan memulai tidur dan bangun kembali. Usahakan tidur malam selama 6-8 jam. Jangan tidur karena anda tertidur sambil melakukan sesuatu namun karena memang anda sudah di posisi nyaman untuk tidur. Hentikan aktifitas bermain gadget ataupun menonton televisi saat anda ingin memulai tidur.
  • Kurangi waktu tidur siang dan bangunlah di pagi hari jangan melanjutkan tidur kembali bila sudah pagi.
  • Suasana kamar yang gelap dan nyaman serta tidak berisik akan memberikan kenyamanan ketika memulai tidur, bila anda merasa lebih nyaman menggunakan lagu-lagu melodi pengantar tidur silakan saja.
  • Hindari makan dan minum sekitar 3 jam sebelum tidur. Terutama hindari meminum kopi, teh ataupun alkohol ketika anda akan tidur.
  • Terapkan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur serta manajemen stress

Terima kasih,semoga info ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.