Gatal-gatal pada anak

Anak perempuan usia 4bulan,Bb 6,4kg. Gatal2 dibagian leher dan punggung,semakin merah bila cuaca panas, sudah menggunakan berbagai salep gatal tapi tidak ada perubahan, tidak demam,krn khawatir alergy susu sapi shg susu sya ganti nutribaby soya dan sya diet protein hewani krn si kecil jg minum asi, riwayat kedua ortu alergi telur. Apakah anak saya alergi susu sapi atau yg lainnya? Mau mencoba nutribaby susu sapi tapi ragu2.trims

1 Jawaban Dokter

gatal2 dibagian leher dan punggung bisa karena udara panas dan lembab bu, di leher bisa juga bila terkena paparan susu saat menyusu.

coba keringkan daerah leher dan punggung bayi. bisa setelah menyusu dilap dengan lap basah agar bersih.

berikam lotion secara teratur setiap setelah mandi.

untuk sementara gunakan salep el*con atau el*x. setelah hilang stop saja lanjutkan lotionnya.

untuk alergi. jika orang tua ada alergi, biasanya anaknya diturukan bakat alerginya. tetapj jenis alerginya belum tentu sama.

bila ibu takut anak ibu alergi susu sapi, susunya boleh ganti soya tetapi ibu pantangnya bukan protein hewani bu. melainkan semua yg mengandung susu sapi seperti biskuit, coklat, keju, mentega, ice cream. kalau daging sapi tidak apa2 bu. daging ayam tidak apa2.

coba ibu pantang makanan2 diatas bu selama 1 minggu.

bila belum perbaikan coba ibu juga pantang makanan yg mengandung soya bu. seperti susu soya, tempe, tahu, kecap. karena makanan ini berasal juga dari soya. dan susunya harus ganti susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*).

bila sudah dikerjakan seemua dan tidak ada perubahan berarti anak ibu bukam alergi susu sapi dan ibu boleh memberikan susu sapi kembali. tetapi bila perbaikan, diet seperti ini dilanjutkan sampai bayi berusia 1 thn baru coba susu sapi kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.