Riwayat liver

Halo dok apakah seseorang baik wanita atau pria yang dulu nya pernah mengalami sakit liver dan sakit kuning dan diopname namun skrg sehat2 saja ( liver tidak bermasalah lg ), apakah keturunan nya dapat kena? Trima kasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Tergantung jenis sakit liver apa yang dialami. Peradangan pada liver (hepatitis) dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari infeksi (virus, bakteri, parasit), overdosis obat-obatan, overdosis alkohol, dan sebagainya.
Hepatitis akibat overdosis obat-obatan dan alkohol tidak dapat menyebar ke orang di sekitar penderita. Sementara hepatitis akibat infeksi dapat menyebar ke orang lain.
Beberapa hepatitis akibat virus dapat menjadi infeksi kronik. Artinya, proses infeksi masih berlangsung namun bisa saja tidak bergejala.
Apabila infeksi akibat virus yang dapat ditularkan melalui darah ataupun cairan tubuh, selama anak tidak secara langsung kontak dengan darah atau cairan tubuh seharusnya tidak ada masalah.
Selain itu, berobat dan meminum obat yang diberikan dokter akan menurunkan risiko penyebaran infeksi. Hal ini dikarenakan obat dapat membunuh/menghambat pertumbuhan kuman sehingga risiko infeksi minimal.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu. 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.