1 Jawaban Dokter

Staff 20/04/2018
Public

Selamat siang.
Berat badan berlebih biasanya disebabkan oleh jumlah asupan makanan yang lebih banyak daripada jumlah kalori yang dipakai untuk beraktivitas. Untuk mengetahui berat badan ideal berdasarkan tinggi badan, Anda dapat menghitungnya pada link berikut: https://www.nhlbi.nih.gov/health/educational/lose_wt/BMI/bmi-m.htm
Program penurunan berat badan sebaiknya tidak dilakukan secara drastis agar kesehatan Anda tetap terjaga.
Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan:

  1. Kurangi konsumsi karbohidrat dengan kadar gula yang tinggi seperti nasi putih. Ganti dengan konsumsi nasi merah / coklat / hitam, kentang, atau jagung.
  2. Jumlah karbohidrat yang sebaiknya Anda konsumsi setiap kali makan adalah seperempat bagian dari piring Anda. Isi seperempat bagian berikutnya dengan protein seperti daging, telur, tahu, tempe, dll. Kemudian isilah setengah bagian piring dengan sayur-sayuran.
  3. Konsumsi juga buah-buahan dan susu rendah lemak 2 kali per hari sebagai selingan di antara makan pagi dan makan siang serta di antara makan siang dan makan malam. Hal ini untuk mencegah Anda menjadi terlalu lapar dan malah makan lebih banyak saat malam hari.
  4. Minumlah air putih 2000 ml per hari dan beristirahat 7 – 9 jam setiap malam.
  5. Olahraga teratur minimal 2 kali per minggu, dengan durasi minimal 1 jam per kali olahraga. Jangan terlalu memaksakan diri Anda dengan olahraga yang berat, karena dikhawatirkan dapat membuat Anda cepat bosan. Mulailah dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, atau berenang.

Anda dapat juga mengikuti tips untuk menurunkan berat badan di link berikut, yang dapat diterapkan pada perempuan maupun laki-laki:
https://www.tanyadok.com/sehat-wanita/26-cara-menurunkan-berat-badan
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.