7 answer

Staff 20/04/2018
Public

Selamat pagi.
Tidak ada larangan jenis makanan tertentu, kecuali Anda alergi pada suatu makanan. Anda sebaiknya makan makanan dengan kandungan gizi yang cukup dan tinggi protein untuk mempercepat penyembuhan luka bekas operasi. Contoh makanan tinggi protein adalah putih telur, daging tanpa lemak, tahu, tempe, sayuran hijau, dll.
Untuk mencegah abses payudara muncul kembali, berikut hal yang dapat Anda lakukan:

  • Jika anda sedang menyusui, tunggu hingga luka operasi dinyatakan sembuh oleh dokter lalu mulailah kembali menyusui. Berikan bayi ASI sesering yang ia mau tanpa batasan durasi maupun frekuensi (on demand), pastikan bayi menghisap payudara dengan baik, menyusui pada kedua payudara secara bergantian, dan menyusui eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun.
  • Jika tidak sedang menyusui, hindari asap rokok, tidak melakukan tindik pada payudara, dan segera periksakan pada dokter jika Anda mengalami keluhan pada payudara

Lakukan pemeriksaan kontrol dengan dokter bedah sesuai jadwal atau lebih awal jika Anda mengalami suatu keluhan. Pemeriksaan kontrol penting untuk mengevaluasi luka operasi.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.