BAB cair

Anak saya usia 3 bulan, riwayat premature 33 minggu. ASI saya sedikit jadi saya menambahkan susu formula. Awalnya saya pakai bebelove 1, setelah sekitar 1 minggu pemakaian, anak saya jadi BAB >5x sehari. Konsistensinya seperti biji2 dan ada lendir. Warna kuning. Selain itu muncul juga ruam di pipi. Saya msh bertahan dgn bebelove sampai sekitar 3 minggu. Akhir2 ini konsistensinya menjadi spt pasta. Karena frekuensinya masih >5x dan msh ada ruam, terus anaknya juga suka rewel kalau BAB, jadi saya putuskan beralih ke nutribaby soya. 20 jam sejak pemakaian frekuensi BAB sudah >5x. 3x konsistensinya cair. Apakah bayi saya juga alergi soya??

1 Jawaban Dokter

bu, Pola BAB bayi memang berbeda dengan dewasa, bayi dapat BAB sampai 7x/hari dan itu normal, dan bisa sampai 7 hari tidak BAB dan itu juga normal. Yang penting perutnya tidak kembung sekali, anak minum baik, dan tidak rewel bu.

nah tp bila muncul ruam pada kulit disertai rewel, mungkin memang tidak cocok bu susunya.

untuk informasi, 20% bayi yg alergi susu sapi juga alergi dengan soya.

coba observasi dulu. bila demikian, susunya harus diganti dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*).

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.