Skit Perut dan BAB setelah Makan

dok dua hari ini saya setiap habis makan apapun sekitar 30menit sampai 1 jam setelahnya buang air besar dengan jenis tinjanya cenderung cair seperti diare. sebelumnya saya demam dan setelah suhu badan normal saya mulai mengalami masalah ini dok, dan saat itu saya sedang haid hari pertama. sekarang entah, haid saya sudah berhenti padahal mungkin baru satu hari. pokoknya dok sehabis makan beberapa menit setelahnya saya sakit perut dan BAB, begitu pula jika saya minum selain air putih.sebelumnya usia saya 18 tahun dok

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
BAB cair atau diare yang terjadi tidak lama setelah selesai makan pada kebanyakan kasus bisa disebabkan tidak cocok terhadap makanan yg dikonsumsi sehingga secara automatis tubuh membuang zat tersebut melalu BAB. Namun jika hal ini terjadi berhari-hari, kemudian dalam satu hari diare terjadi lebih dari 4x, maka perlu dicurigai penyebab lain.
Penyebab lain yang mungkin terjadi bisa karena gangguan pencernaan, yaitu dari lambung, usus halus atau usus besar. Jika gejala diare didahului dengan demam, perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui apakah penyebabnya adalah infeksi.
Yang terpenting jika terjadi diare adalah untuk tetap mengganti cairan yang terbuang yaitu dengan banyak minum air putih. Selain itu, konsultasi ke Dokter untuk pemeriksaan dan arahan lebih lanjut.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.