Anak Muntah dan BAB

siang dok,mau tanya anak saya saat ini usianya 8 bulan kurang 3 hari. Dua hari yang lalu,awal2 dia mengalami muntah saat malam hari. Kemudian mengalami demam dan bab yang sdkit cair dan berampas. Untuk saat ini saya kurangi pemberian sufor nya dan perbanyak air putih. untuk takaran sufornya saya buat lebih encer,karena sya takut pemicu bab dan muntahnya dari sufor. Apakah yang saya lakukan ini benar dok? Dan apa kah gejala ini ada pengaruhnya dengan perkembagannya yang ingin tumbuh gigi? saya baca beberapa artikel gejala2 yg dialami anak saya saat ini hampir sama

1 Jawaban Dokter

Staff 13/04/2018
Public

Selamat siang, Ibu.
Jika muntah, diare dan demam terjadi setelah penggantian susu formula atau mencoba suatu jenis makanan baru, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan pencernaan akibat susu formula atau jenis makanan tersebut. Apabila ini yang terjadi maka hentikan pemberian susu formula dan makanan yang Ibu curigai memicu timbulnya keluhan.
Namun jika sebelumnya tidak ada penggantian susu formula atau pemberian makanan jenis baru, maka kemungkinan penyebabnya adalah infeksi pada pencernaan.
Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukan bahwa tumbuh gigi dapat menyebabkan muntah dan diare. Namun tidak menutup kemungkinan tumbuh gigi dan keluhan terjadi secara bersamaan mengingat usia anak.
Berikan anak cairan lebih banyak daripada biasanya dalam bentuk air putih, sup, jus buah tanpa gula, dll. Periksakan kondisi anak pada dokter spesialis anak untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan agar penyebab keluhan dapat segera ditangani dengan sesuai.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.