Sedang hamil 8 bulan ,tidak sakit herpes/cacar ,tapi diberi obat acyclovir

Hallo dok, saat ini saya sedang hamil 8 bulan, sebelumnya saya pernah usg hasilnya sehat dan baik dan hari ini saya di usg ,dokter mengatakan ukuran kepala janin dengan ukuran kaki selisih, dan beliau tidak menjelaskan lebih detail ,tetapi mengatakan bayi sehat. Saya bingung. Kemudian beliau memberi resep obat yang ternyata obat anti virus (herpes, cacar) dan vitamin dha. Padahal saya tidak sakit herpes atau cacar. Saya jadi khawatir dan tidak ingin minum obat sembarangan. Apakah berbahaya kondisi tsb.dok mohon penjelasannya , terimakasih banyak dok…

2 answer

Staff 12/04/2018
Public

Selamat Malam
Terima Kasih Bunda atas pertanyaan nya,
Apakah obat antivirus yang bunda maksud adalah acyclovir?
Jika memang benar obat antivirus yang di maksud adalah acyclovir, Penggunaan acyclovir pada ibu hamil masih relatif aman dan relatif dipakai untuk pengobatan tertentu pada ibu hamil. Tingkat keamanan dari acyclovir pada ibu hamil menurut FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika) berada di kategori B di mana hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan tidak terjadi masalah pada manusia. Atau pun penelitian pada manusia masih kurang tetapi penelitian pada hewan tidak menunjukan masalah.
Namun jika ternyata obat antivirus bukan acyclovir bunda dapat mengecek tingkat keamanan pada ibu hamil obat tersebut menurut FDA.
Di sarankan Bunda dapat bertanya kembali kepada dokter kandungan yang menangani bunda perihal pemberian obat antivirus tersebut (acyclovir atau kah obat antivirus lainnya yang bunda dapat) terkait kegunaan obat tersebut. 
Semoga bermanfaat dan Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya dok.
Salam Sehat 🙂

#1
  1. Iyah dok acyclovir , tapi saya tidak sakit herpes/ cacar dok. Jadi kalo tidak saya konsumsipun tidak apa apa kan dok?? Lalu apakah ada hubungannya dengan uk.kepala dan uk.kaki yang katanya selisih??? Terimakasih dok atas penjelasannya ,mohon pencerahannya ...
Staff 12/04/2018
Public

Halo Bunda..
Maksud pemberian terapi anti virus yaitu acyclovir kemungkinan bisa berkaitan dengan kecurigaan bunda terkena infeksi virus yang lain (selain infeksi virus herpes atau cacar) yang mungkin dokter kandungan Bunda curiga infeksi tersebut yang menyebabkan selisih antara ukuran kepala dan ukuran kaki janin, namun bisa juga tidak berkaitan bunda.
Disarankan Bunda bisa bertanya langsung terkait dengan keadaan calon bayi dan kegunaan obat tersebut kepada yang dokter Spesialis Kandungan yang memeriksa Bunda agar dapat memberikan jawaban yang lebih baik dan tepat. 
Semoga Bunda dan Calon Bayi dalam keadaan sehat ketika proses dalam kandungan, persalinan maupun setelah di lahirkan ya Bunda.. 

#2
  1. Terima kasih juga doanya dan terima kasih sudah menggunakan layanan Tanya dok :)
  2. Aamiin aamiin ya rabbal alamin. Terimakasih dr.putri atas jawabannya , semoga dr.selalu sehat dan sukses terus ya dok..
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.