flek di tangan

Selamat sore dokter
sekitar 2 minggu yg lalu di tangan sy mulai muncul flek2 hitam, dan skrg fleknya mulai menyebar(tambah banyak),
sebelum flek mulai muncul sy memang menggunakan lotion dari klinik dokter yg ada di kota saya, dan juga menggunakan lulur, dan penggunaan pil kb diane
Yg ingin sy tanyakan, kenapa flek hitam di tangan bisa menyebar dgn cepat dok? Pdhl sy jrg panas2an, klo kena sinar matahri paling pas saat sy jemur pakaian
Memang fleknya tidak sakit atau gatal, cuma sy rasa takut, karena fleknya smkin banyak.. sy minta solusinya ya dok,
Terimakasih dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 12/04/2018
Public

Selamat Sore juga Sobat 🙂
Terima Kasih atas pertanyaannya,
Flek hitam atau bercak hitam yang timbul di kulit tangan pada kondisi sobat dapat terjadi kemungkinan besar karena penggunaan obat pil KB, Namun bisa juga sobat tidak cocok dengan salah satu bahan pembuat lotion atau kosmetik yang di pakai pada kulit sobat, atau juga paparan sinar matahari, faktor genetik dan faktor usia.
Sobat dapat menghilangkan flek dengan cara, menghentikan obat atau bahan yang tidak cocok dengan kulit sobat, menghindari paparan sinar matahari langsung tanpa perlindungan sun block. Namun flek tidak serta merta hilang jika penggunaan obat atau bahan tersebut dihentikan, saudara dapat mengunjungi dokter untuk melakukan perawatan obat cream atau tindakan peeling. Beberapa kasus dapat hilang hanya dengan tindakan cream dan pengolesan peeling beberapa kali saja oleh dokter. Jika tahapan cream dan peeling tidak juga memperlihatkan hasil biasanya akan di lakukan tindakan laser.
Sobat dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau dokter spesialis kulit kelamin yang berpraktek di klinik kecantikan atau rumah sakit baik untuk penegakan diagnosa keluhan sobat  dan penanganan dengan menghilangkan kemungkinan lain bercak hitam seperti lentigo, melanoma.
Terkait dengan penghentian KB Diane sobat dapat melanjutkan program kontrasepsi dengan pilihan KB lainnya yang tidak mengandung hormon, seperti IUD, kondom, dan lain lain, sobat dapat mengkonsultasikan dengan bidan, dokter umum, atau dokter spesialis kandungan terkait dengan program KB.
Semoga bermanfaat dan Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.