1 Jawaban Dokter

Staff 7 days ago
Public

Selamat Sore Sobat,
Terima kasih atas pertanyaannya,
Apakah sakit kepala terasa di kedua sisi kepala? Apakah juga di rasa ke kakuan di belakang kepala, belakang leher dan otot bahu kemudian menyebar ke depan, dan apakah juga di rasa adanya tekanan di belakang mata, sekitar dahi? Jika iya, kemungkinan anda menderita Sakit Kepala Tension Headache atau sering disebut dengan Sakit Kepala Tegang.
Sakit kepala tegang terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa pun, Sakit kepala ini dapat berlangsung dari 30 menit hingga beberapa hari.
Tidak ada satu penyebab untuk kondisi ini. Namun, sebagian besar dipicu oleh stres, baik dari pekerjaan, sekolah, keluarga, teman, atau hubungan lainnya. Kondisi episodik biasanya dipicu oleh sebuah situasi tegang atau yang menyebabkan stres. Ketegangan yang terjadi sehari-hari dapat menyebabkan jenis kronis.
Beberapa orang mengalami nya karena otot yang menegang di belakang leher dan kulit kepala. Ketegangan otot ini bisa berasal dari tidak cukup istirahat, Postur tubuh yang buruk saat beraktifitas (misal postur duduk yang salah), faktor psikis emosional, kelelahan fisik, kurang tidur, kelaparan. 
Sakit kepala tegang bisa di sembuhkan dengan serangkaian penanganan yang sederhana. Sobat dapat memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat, misalnya rutin ber olahraga, menjaga berat badan yang ideal, cukup beristrahat, banyak minum, serta menghindari merokok dan minuman beralkohol, hindari faktor-faktor pemicu sakit kepala, terutama stres. Sobat juga dapat melakukan sejumlah teknik stretching atau peregangan otot kepala, leher, pundak. Sobat dapat juga melakukan yoga atau pijat di area yang terasa tertekan. Terakhir apabila sakit sobat dapat meng konsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol, atau asam mefenamat.
Perlu juga disingkirkan penyakit lainnya yang dapat mengakibatkan keluhan serupa seperti sinusitis atau infeksi radang rongga sinus. Biasanya keluhan sinusitis berupa sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri tekan wajah pada bagian sinus yang terinfeksi seperti di bagian belakang tulang pipi, belakang dahi, belakang mata serta kedua sisi batang hidung dan terasa sakit ketika ditekan, Napas berbau (halitosis).
Sobat dapat memeriksakan kondisi sobat ke dokter untuk di periksa secara langsung untuk hasil kondisi yang akurat. 
Semoga bermanfaat dan Salam Sehat 🙂
 
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.