daging tumbuh

Dok, saya mau tanya
Saya punya anak baru lahir 1 hari tapi di dekat kedua punting anak saya terdapat seperti punting tambahan, yg 1 warna hitam dan yg 1 seperti warna kulit
Yg saya tanyakan dok, itu kutil atau tanda lahir ? Dan bahaya atau tidak ?
Terakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 12/04/2018
Public

Selamat Siang Sobat Tanya Dok,
Terima kasih atas pertanyaannya,
Puting Tambahan atau Supernumery Nipple atau sering disebut juga Polymastia merupakan variasi kongenital. Puting susu tambahan ini bisa terletak di dalam garis payudara atau di luar garis payudara, bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki.
Dalam sebagian besar kasus, puting tambahan dapat tak terlihat atau hanya di anggap tahi lalat atau tanda lahir, dan tidak memiliki jaringan payudara.
Namun sebagian kecil ada pula puting tambahan yang juga mempunyai jaringan payudara seperti yang biasa ditemukan pada payudara, maka akan terjadi perubahan hormon dan juga kemungkinan penyakit seperti yang biasanya terjadi pada payudara normal. Puting tambahan ini dapat berubah pigmen, membengkak atau berlaktasi, dan kemungkinan baru dapat diketahui sampai masa puber atau kehamilan (apakah puting tambahan tersebut mempunyai jaringan payudara atau dapat dipengaruhi hormon layaknya payudara yang normal).
Sobat dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak, agar dapat diketahui apakah benar daging tersebut merupakan puting tambahan atau tidak. 
Semoga informasi ini bermanfaat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.