Mengobati melinting merah pada leher ??

Anak saya ada mucul melenting merah disekitar leher kemarin sudah kedokter tp kata dokter tidak apa2 cuma harus sering dibersihkan ,, tp hari ini ada muncul di leher belakang seperti bisul tp tidak terlalu besar , apa harus aku kasih salep atau tidak ya ?? Salep apa yg bagus untuk penyakit seperti itu ya dok ,,

1 Jawaban Dokter

Staff 12/04/2018
Public

Selamat pagi.
Bisul adalah peradangan yang melibatkan folikel rambut dan jaringan sekitarnya, disebabkan oleh infeksi bakteri, menyebabkan benjolan kemerahan, bengkak, dan berisi nanah yang tampak sebagai titik putih di puncak benjolan.
Jika hanya satu benjolan dan ukurannya kecil, maka biasanya tidak perlu pemberian salep. Yang penting hindari memegang atau menggaruk benjolan tersebut dan jangan mencoba memecahkan bisul.
Namun jika anak mengeluh nyeri pada benjolan, atau benjolan bertambah banyak, atau bertambah besar, atau tidak juga sembuh dalam 1 minggu, maka perlu diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis seperti misalnya krim atau salep antibiotik dan atau anti radang. Terkadang juga dokter akan mengeluarkan nanah yang ada di dalam bisul secara steril, jika dianggap perlu. Jika Anda ragu apakah hal yang dialami anak benar bisul atau bukan, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter ya Bu.
Mengenai lentingan-lentingan merah yang muncul, perlu Ibu tanyakan pada dokter yang memeriksa apakah penyebabnya biang keringat atau infeksi kulit.
Jika disebabkan oleh biang keringat, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi biang keringat:

  • Mandikan anak dengan air dingin
  • Saat muncul biang keringat, oleskan lotion calamin pada kulit yang kering, tidak lembab atau berkeringat
  • Ketika biang keringat sudah sembuh, untuk mencegahnya berulang taburkan bedak ke seluruh tubuh anak setelah mandi, terutama di daerah-daerah yang sering terkena biang keringat
  • Pilihkan baju anak dari bahan katun
  • Gantilah baju anak jika terlihat basah oleh keringat, terutama setelah ia bermain dan sebelum tidur

Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.