Sesak nafas di dada dan leher

Nama saya fitri umur saya 22thn..
Dok saya mengalami sesak nafas dan perut kembung sudah lebih dari seminggu..
Apalagi kalau malam hari saya sangat sulit bernafas terutamanya di bagian leher seperti tercekik.. apa kah itu dikarenakan asam lambung atau knp ya dok? Saya sudah sempat berobat ke klinik 3hr yg lalu tp sesak nafasnya masih sangat terasa.. trm ksh

1 Jawaban Dokter

Staff 12/04/2018
Public

Selamat siang sobat Fitri,
Terima kasih atas pertanyaannya, 
Sesak nafas dan perut kembung dapat merupakan suatu satu penyakit atau dua penyakit berbeda.
Dapat menunjukan penyakit di organ pencernaan, organ pernafasan, atau rangka tubuh yaitu otot di daerah dada.
Beberapa penyakit yang mempunyai keluhan seperti kondisi sobat :

  • GERD (Gastro Esophageal Refluks Disease) Refluks asam lambung yang kembali ke daerah esofagus. Dapat memberikan keluhan berupa nyeri atau mual atau Rasa asam atau pahit di kerongkongan biasa nya terjadi setelah makan, dapat menyebabkan perasaan sulit bernafas, begah dan dapat juga disertai perasaan perut yang penuh atau kembung. 
  • Gastritis atau lambung, dapat bergejala nyeri di daerah ulu hati, dapat di sertai juga dengan perasaan begah atau kembung. 
  • Myalgia (Nyeri Otot), nyeri otot didaerah otot dada juga dapat memberikan keluhan nyeri saat menarik nafas, nyeri saat menggerakkan bagian dada.
  • Infeksi saluran pernafasan atau saluran pencernaan. tidak menutup kemungkinan sobat juga sesak nafas akibat adanya infeksi.

Sobat dapat melakukan kunjungan ke dokter umum di klinik/puskesmas/rs terdekat agar dapat di periksa secara langsung gejala keluhan maupun fisik sobat. Dan berikan pula informasi riwayat penyakit sobat dan riwayat pemakaian obat yang sudah sobat gunakan. Apabila di rasa keluhan sangat mengganggu sobat dapat berkonsutasi lebih lanjut dengan kunjungan ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam.
Semoga bermanfaat, dan Semoga lekas sembuh Sobat Fitri 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.