Kenapa setelah kecoklatan sama darah sedikit tidak kunjung haid malah keputihan lagi

Jdi gini dok, saya terakhir haid awal bulan maret. Nah sampai sekarang saya belum haid juga. Tpi wktu hari jum. At saya keluar kecoklatan sama darah sedikit. Tpi kemarin lusa udah keputihan lagi. Itu tandanya apa ya? Mohon dibantu jawabannya dok. Terimakasih

3 answer

Selamat sore,
Apakah bila sobat haid, hari pertama sobat haid maju dari tanggal haid di bulan sebelumnya atau mundur? Mohon maaf apakah sobat sudah menikah atau sudah aktif seksual?
Mohon maaf saya tidak bisa memperhitungkan dikarenakan info dari tanggal haid sobat tidak ada.
Normalnya siklus haid 21-35 hari dengan lama perdarahan berkisar 3-7 hari. Keputihan yang dialami sebelum waktu menstruasi merupakan hal yang biasa terjadi karena perubahan hormonal. Haid mundur dari jadwal seharusnya masih normal terjadi bila berkisar sekitar 1 minggu dari jadwal seharusnya. Haid yang tidak normal adalah haid yang berlangsung diluar range normal siklus yaitu 21-35 hari dan bila muncul darah/haid diantara jarak kedua siklus. Mundurnya haid atau haid menjadi tidak teratur banyak hal yang mempengaruhi, konsumsi pil hormonal atau KB, perubahan berat badan yang ekstrem, diet ekstrem, ataupun masalah pikiran(stress). Bila sobat sudah menikah ataupun sudah aktif seksual, boleh saja sobat melakukan tes kehamilan untuk berjaga-jaga. Bila tidak ada keluhan lainnya, sebaiknya ditunggu saja sekita 1-2 minggu dari tanggal seharusnya sobat mendapatkan haid, bila sobat masih belum mendapatkan haid, ada baiknya sobat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terutama bila ada keluhan penyerta lainnya. Semoga jawaban yang diberikan membantu. Terima kasih.

#1
  1. Saya awal bulan februari haid. Dan tgl 28 februari saya haid lagi dok. Saya blum mnikah.

Tanggal haid sobat dari bulan januari hingga maret menunjukkan siklus sobat masih dalam batas normal. Kemungkinan mengapa bulan ini sobat terlambat seperti yang saya paparkan sebelumnya, yang paling memungkinkan adalah faktor stress. Saran saya kita tunggu dahulu datang haid sekitar 1-2 minggu lagi, bila sampai akhir april sobat masih belum mendapatkan haid sebaiknya sobat menjumpai dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan, biasanya sobat akan diperiksa USG abdomen (perut) untuk melihat apakah ada masalah di indung telur ataupun rahim sobat. Bila diperlukan mungkin saja nanti akan di atur haidnya dengan menggunakan obat hormonal. Terima Kasih.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.