nak saya umur 11 bulan. Anak saya sering batuk, pilek Dan diare berulang

Hallo Dokter, saya Ibu diah – sidoarjo, Anak saya umur 11 bulan. Anak saya sering batuk, pilek Dan diare berulang, sampai Berat Badan nya skrg semakin menurun yaitu 8.4 kg. Saya bingung Anak saya Alergi apa. Dan bagaimana penanganan nya. Bb nya semakin menurun, Sdgkan Dokter nya Hanya memberikan Obat diare Dan batuk pilek saja. Anak saya juga tidak Boleh makan Sayur Dan Hanya Boleh Makan bubur tepung. Anak saya minum Asi Dan tidak Mau minum Sufor. Padahal Asi sy Sedikit Sehingga Anak saya sering dehidrasi,. Asupan makanan apa saja yg Boleh Untuk Anak Alergi Terutama Untuk bb nya spt Cepat naik ?

1 Jawaban Dokter

Staff 10/04/2018
Public

Selamat pagi Sobat Diah,
Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem imunitas atau daya tahan tubuh terhadap alergen. Terdapat beberapa jenis alergi pada anak, yaitu:

  • Alergi kulit:  tampak seperti eksim yaitu bagian kulit tampak kering, merah, bersisik dan gatal.
  • Alergi makanan: berupa keluhan kram perut atau diare yang berulang. Beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi antara lain susu, telur, kacang-kacangan, kedelai, gandum, ikan, kerang, dan beragam jenis jeruk. 
  • Alergi pernapasan: gejala berupa hidung gatal dan berair, hidung tersumbat, sering bersin, batuk berulang, mata merah dan berair, lingkaran gelap di bawah mata, bernapas melalui hidung saat tidur, dan kelelahan karena kurang tidur. Umumnya, gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Asupan makanan bagi anak yang mengalami alergi, harus disesuaikan dengan jenis alerginya. Bila sobat tidak mengetahui jenis alergi yang dialami anak, maka dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan dokter spesialis anak. Untuk memastikan, dapat dilakukan tes kulit atau tes darah untuk mengetahui tingkat antibodi igE (pertanda alergi) dalam darah.
Semoga jawaban tersebut dapat membantu Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.