anak saya umur 6 tahun dia sering tiba2 mata bengkak,bibinya bengkak,telapak tangan jg kadang bengkak obat untuk alergi apa ya? makasih

anak saya umur 6 tahun dia sering tiba2 mata bengkak,bibinya bengkak,telapak tangan jg kadang bengkak obat untuk alergi apa ya? makasih

1 Jawaban Dokter

Staff 10/04/2018
Public

Selamat pagi Sobat,
Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem imunitas atau daya tahan tubuh terhadap alergen (pemicu alergi). Reaksi tubuh terhadap alergen inilah yang menyebabkan munculnya gejala-gejala pada anak sobat yaitu bengkak pada mata, bibir dan telapak tangan. Gejala lain dapat berupa ruam pada kulit yang lebar dan berwarna merah, batuk pilek yang dapat disertai dengan sesak nafas dan suara nafas berbunyi. Sobat pertama-tama harus mengetahui dahulu jenis alergi apakah yang dialami anak Sobat.
Terdapat beberapa jenis alergi pada anak, yaitu:

  • Alergi kulit:  tampak seperti eksim yaitu bagian kulit tampak kering, merah, bersisik dan gatal.
  • Alergi makanan: berupa keluhan kram perut atau diare yang berulang. Beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi antara lain susu, telur, kacang-kacangan, kedelai, gandum, ikan, kerang, dan beragam jenis jeruk. 
  • Alergi pernapasan: gejala berupa hidung gatal dan berair, hidung tersumbat, sering bersin, batuk berulang, mata merah dan berair, lingkaran gelap di bawah mata, bernapas melalui hidung saat tidur, dan kelelahan karena kurang tidur. Umumnya, gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Setelah mengetahui penyebab alergi pada anak Sobat, maka langkah selanjutnya adalah menghindari faktor penyebab alergi tersebut. Untuk pengobatan, dapat diberikan obat anti alergi. Namun bila sobat tidak mengetahui jenis alergi yang dialami anak, maka dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan dokter spesialis anak. Untuk memastikan, dapat dilakukan tes kulit atau tes darah untuk mengetahui tingkat antibodi igE (pertanda alergi) dalam darah.
Semoga jawaban tersebut dapat membantu Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.