Saya mau tanya anak batuk berdahak tapi dahaknya tidak keluar hidung sering berair,

Selamat siang dok. Saya mau tanya anak batuk berdahak tapi dahaknya tidak keluar hidung sering berair, tapi kalau bersin keluar ingus bening cair. Sudah ke dokter pertama katanya batuk karena alergi debu / ada infeksi virus. Tapi tidak sembuh juga. Saya ke dokter lain katanya batuk karena alergi dan radang amandel. Obat sudah habis tidak sembuh juga.. anak ceria, lincah, aktif, namun makannya sudah berkurang dok. Batuknya semakin parah waktu malam dan bangun tidur pagi.. dok, ini jenis batuk apa? Pengobatan untuk anak saya agar sembuh.. Terimakasih dokter.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Batuk karena alergi biasanya dapat muncul apabila anak terpapar oleh zat pencetus alergi. Selama anak masih terpapar zat yang mencetuskan alergi, anak akan tetap mengalami gejala serupa. Zat pencetus alergi berbeda-beda pada tiap orang yang memiliki alergi, mulai dari debu, bulu, hingga makanan. Penting untuk mengetahui zat yang mencetus alergi dan menghindari pencetusnya.
Obat untuk batuk yang disebabkan karena alergi biasanya hanya bersifat meredakan gejala sementara. Apabila anak masih terpapar dengan alergen (zat pencetus alergi), anak akan tetap bergejala.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.