Sakit Perut

Hai Dok, saya Rika umur saya 20 tahun, saya suka mengkonsumsi Kopi, dan dalam sehari paling sedikit 6 sachet kopi instant dan hal ini sudah saya jalani selama 4 bulan ini, beberapa waktu lalu, saya coba untuk tidak mengkonsumsi kopi selama saya bisa, hari pertama saya bisa lewati, namun saya menglami sakit kepala sebelah, dam juga kurang konsentrasi dalam belajar, saat masuk hari ke-2 perut saya jadi sakit, mulai dari epigastric region, sampai umblical region, juga sakit. Dan tidak berhenti sampai hari ke-3 . Disertai juga dengan migran, hari ke-4 saya putuskan untuk konsumsi kopi, dan pada malam harinya perut saya mulai membaik, yang saya tanyakan disini adalah, mengapa perut saya terasa sakit ketika tidak mengkonsumsi kopi ? Padahal saat berhenti meminum kopi, saya meningkatkan konsumsi air. Terima kasih dok.

1 Jawaban Dokter

Halo Rika,
Sepertinya sobat Rika mengalami gejala akibat “caffeine withdrawal”. Kopi mengandung kafein. Apabila tubuh sudah terbiasa dengan kafein dan tiba-tiba diberhentikan, efeknya akan menyebabkan gangguan pada fungsi fisiologis tubuh. Gejala dari “caffeine withdrawal” terutama bersifat neurologis, menyebabkan keluhan sakit kepala, sulit berkonsentrasi, gangguan mood, gangguan tidur, dan sebagainya.
Pada beberapa kasus, caffeine withdrawal juga dapat menyebabkan keluhan nyeri perut. Akan tetapi, referensi mengenai patofisiologi bagaimana caffeine withdrawal dapat menyebabkan nyeri abdominal belum diketahui secara pasti, berbeda dengan keluhan neurologis.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.