Saat makan

Sy mw tanya pasien dgn post TPM dipasang di daerah femur dan kaki pasien diksasi spy tdk tertekuk. Yg sy tanyakan apakah saat pasien makan boleh/tdk kepala dinaikkan sedikit? Seberapa ketinggian yg masih aman? Sy memposisikan pasien saat mkn krn sy takut pasien aspirasi lalu sy tinggikan sedikit sekitar 15-20 derajat. Apakah boleh? Mohon penjelasannya? Bila ada sy minta bahan refrensi,tks🙏🏻

1 Jawaban Dokter

Staff 05/04/2018
Public

Selamat malam Sobat Romian 🙂 
Saya dr.Putri mencoba menjawab pertanyaan Sobat,
Dalam keadaan sehat dan posisi tertentu kita mempunyai reflek pertahanan terhadap aspirasi yaitu saat bernafas, berbicara, dan menelan. Aspirasi yaitu masuknya cairan dan atau padatan ke dalam saluran pernafasan bawah. Pasien-pasien yang yang memiliki tingkat kesadaran terganggu, refleks batuk dan refleks gumam yang terganggu, serta kerentanan terhadap regurgitasi atau muntah-muntah, berisiko mengalami aspirasi (terhirupnya) isi lambung ke dalam saluran udara. hal ini tentunya dapat mengakibatkan kondisi serius seperti infeksi paru, dan penyumbatan saluran nafas.
Namun saya tidak dapat menjawab pertanyaan sobat berkaitan dengan pasien post TPM di femur tentang bagaimana metode menghindari resiko aspirasi, Sobat dapat berkonsultasi secara langsung dengan Tim Medis dan Tim Paramedis yang menangani langsung pasien tersebut.
Terima Kasih, Semoga Sobat dan Keluarga dalam keadaan Sehat Selalu. Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.