Biasanya tensi darah selalu tinggi sekitar 160-170, tiba tiba belakangan ini terus menurun menjadi 117-113

Dokter, saya mau tanya apa penyebabnya yang biasanya tensi darah selalu tinggi tiba-tiba bisa menurun drastis.
tidak ada keluhan pusing, hanya telapak kaki dingin dan wajah pucat.

1 Jawaban Dokter

Staff 05/04/2018
Public

Selamat Malam Sobat ­čśë
Saya dr. Putri akan mencoba untuk membantu menjawab,
Apakah sebelumnya Sobat sudah didiagnosa oleh dokter memiliki Hipertensi? Jika iya, apa Sobat sedang dalam pengobatan Obat Anti Hipertensi?
Saya akan mencoba menjelaskan tentang Hipertensi secara umum, singkat di awal, lalu menjawab pertanyaan Sobat.
Hipertensi adalah kondisi Kronik (Lama) dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat, Cara mengetahuinya adalah dengan mengukur tekanan darah, Pengukuran tekanan darah nantinya akan menghasilkan dua bilangan yaitu Tekanan Sistolik (biasa disebut Tekanan Atas) dan Tekanan Diastolik (biasa disebut Tekanan Bawah). Kekuatan darah dalam menekan arteri (Pembuluh darah bersih) menentukan ukuran tekanan darah. Tekanan sistolik adalah tekanan darah saat jantung berdetak memompa darah keluar, Sedangkan Tekanan Diastolik adalah tekanan darah saat Jantung tidak berkontraksi (Fase relaksasi).
Tekanan darah yang normal adalah sekitar 120/80. Tekanan Darah rendah (Hipotensi) Jika Tekanan darah dibawah atau sama dengan 90/60 mmHg. Sedangkan Tekanan Darah Tinggi diatas 140/90.
Saya asumsikan Tekanan sistolik sobat (tekanan atas) biasanya 160-170 (merupakan tekanan darah yang diukur rutin), Lalu saat ini turun hingga tekanan sistolik 113-117. Tekanan darah sobat saat ini dikatakan dalam batas normal dan belum ada keluhan berarti (kaki dingin dan wajah pucat).
Jika tadinya sobat didiagnosa Hipertensi dan sudah memperbaiki pola hidup maka hasilnya baik dan anda sudah normal dapat diteruskan pola hidup sehat, namun apabila anda sedang mengkonsumsi Obat Anti Hipertensi maka itu adalah efek obat tersebut dan anda dapat berkonsultasi kepada dokter yang memberi resep. Sobat dapat juga membandingkan hasil tekanan darah sobat dengan memakai alat tensi yang berbeda untuk melihat apakah hasil ukur antara dua alat tensi yang sobat gunakan apakah menghasilkan nilai yang sama.
Saya sarankan Sobat untuk memeriksakan diri agar dapat di periksa fisik secara langsung ke dokter di klinik atau puskesmas atau RS terdekat.
Semoga infomasi ini bermanfaat dan Semoga Sobat dalam keadaan Sehat selalu. Salam Sehat ­čÖé

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.