Dok, anak saya didiagnosa alergi susu sapi

Dok, anak saya didiagnosa alergi susu sapi tanpa diperiksa secara detail seperti tes darah atau apapun itu, yg ingin saya tanyakan apakah ada cara mengetahui anak sy alergi susu apa, apakah asi bisa di cek ke anak saya cocok apa tidak, krna anak sy pernah minum donor Asip awal2 cocok sekali, grok2nya hilang, kulitnya bersih dan punya bgus, tpi suatu hari sekitar 3 Minggu konsumsi Asip tiba2 dy muntah2 dahak kecoklatan yg diklaim darah dari lambung, trnyta lambung anak sy infeksi , menurut Dr.anak , krna tidak cocok dgn Asip trsbt, Dok, ada teman sy ingin memberikan ASI pada anak sy dan bersedia diet produk susu sapi, tpi sy masih trauma tkut kejadian lgi. Maka dari itu sy ingin anak sy dtes atau asinya dtes apakah cocok utk anak sy, adkah caranya dok, trimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 05/04/2018
Public

Selamat Siang Bunda, 
Saya dr. Putri mencoba membantu menjawab,
Berapa bulan umur bayi Bunda saat ini? ASI sangat baik untuk dikonsumsi bayi terutama 6 bulan kehidupan pertama bayi lahir (ASI eksklusif) dan dapat diteruskan sampai dengan usia 2 tahun dengan ditambah nutrisi makanan.
Alergi adalah suatu reaksi imunitas tubuh yang berlebihan terhadap suatu bahan. Biasanya Alergi sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Gejala Alergi yang terkena disaluran pencernaan gejalanya dapat berupa muntah, diare, kolik, bahkan keluar BAB darah (Baik yang tampak jels berupa darah segar, maupun darah samar yang dibuktikan dengan pemeriksaan mikroskopik) Lalu apabila yang terkena saluran pernafasan maka gejala berupa pilek, batuk, asma. Dan jika mengenai Kulit, gejala dapat berupa eksim.
Apabila bayi Bunda hanya mengkonsumsi ASI sebagai satu-satunya nutrisi yang masuk, maka kemungkinan Bunda yang mengkonsumsi makanan biasanya yang mengandung protein susu sapi atau turunan nya seperti keju, atau makanan yang memicu alergi pada bayi.
Apa ada tes untuk memeriksa kecocokan ASI dengan calon bayi yang mengkonsumsi ASI saat ini sepengetahuan saya sepertinya belum ada. Apabila memang ASI Bunda tidak mencukupi dan bayi Bunda masih membutuhkan tambahan nutrisi, tetap dengan ASI donor atau Susu formula tambahan khusus untuk anak alergi susu sapi (bila sudah diatas 6 bulan atau bila ada kondisi tertentu). Bunda bisa konsultasikan kembali dengan dokter spesialis anak. 
Semoga Informasi di atas Bermanfaat ya Bunda, Semoga Keluarga Bunda di berikan Kesehatan Selalu. Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.