Bagaimana cara mengenali gejala cacar air

Assalamu’alaikum..

Dok,
Ada salah satu rekan kerja saya yg mengalami cacar air, selama 13 hari beliau tidak masuk kerja, dan di hari ke-14 beliau masuk namun “katanya” kondisinya blm sehat.. beliau suka menggaruki tangan dan kepalanya yg masih ada k”koreng” cacarnya.. saya dan beliau berada dalam 1 ruangan yg sama.. jarak meja kami kurang lebih hanya 20-30 cm saja.. Beliau positif cacar pada tgl 15 Maret 2018, dan masuk kembali pada tgl 28 Maret 2018..

Hari ini saya demam, disertai flu dan radang juga.. terkadang ada rasa nyeri di beberapa sendi.. apakah saya terinfeksi virus cacar dok? Dan apakah ini gejala awal cacar air?

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat Juna,
Sebelumnya apakah sobat Juna dahulu pernah terkena cacar air?
Cacar air atau yang disebut dalam medis varisela adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zooster. Cacar air pada umumnya terjadi pada anak-anak dan sangat kecil angka kejadian pada dewasa. Gejala utamanya sendiri adalah muncul bintil-bintil kemerahan berisi cairan, biasa sebelum keluhan ini muncul, pasien akan merasa demam, pilek, cepat lelah, lemah, lesu, pusing, nyeri sendi. Lalu kemudian muncul bintik kemerahan di badan, wajah, kaki dan tangan, yang kemudian akan melenting dan berisi cairan lalu pecah dan mengering menjadi keropeng.
Gejala muncul biasanya sekitar dua minggu setelah terpapar virus ataupun kontak dengan orang yang menderita cacar air. Penyebaran virus ini melalui udara. Tapi yang harus sobat ingat adalah penyakit yang disebabkan oleh virus akan menyerang pasien yang sedang dalam kondisi imun kurang baik, untuk itu pencegahan adalah tetap menjaga kondisi badan dalam kondisi fit dengan cukup istirahat, berolahraga, mengonsumsi buah-buahan dan menerapkan pola hidup sehat.
Sementara bila sobat sudah pernah terkena cacar air, maka sobat lebih mungkin terkena Herpes zooster, yang ditimbulkan dari reaktivasi virus saat mengalami cacar air pertama kali. Biasa gejala yang lebih dominan adalah rasa nyeri, panas, ataupun terbakar dan muncul lentingan berisi cairan yang penyebarannya lebih mengelompok berbeda dengan penyebaran pada cacar air.
Untuk saat ini sobat bisa mengonsumsi obat untuk keluhan yang dialami, bila sudah muncul bintil berisi cairan maka sebaiknya sobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan antivirus seperti asiklovir. Karena cacar air yang diberikan obat antivirus dalam kurun 24 jam dari muncul bintil-bintil (ruam) akan memberikan outcome yang lebih baik.
Semoga informasi ini cukup menjawab kegelisahan sobat. Terima kasih.

#1
  1. Terimakasih dokter atas jawaban nya..
    Dari saya kecil, sampai saat ini saya memang blm terkena cacar air dok.. tapi ibu saya bilang, saya sudah dapat vaksin lengkap... saat ini saya mengkonsumsi imunomodulator dok.. apakah sebenarnya ada pengaruh nya untuk melawan virus yg masuk ke tubuh saya dok? setiap saat saya selalu cek tubuh saya apakah ada ruam/bintil berisi cairan, tetapi sejauh ini alhamdulillah gak ada dok...
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.