sakit perut bagian bawah

pagi dok, saya mau bertanya jadi akhir akhir ini saya sering mengalami sakit perut bagian bawah dan itu sakit nya biasanya suka hilang timbul, itu kira kira kenapa ya dok?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat Ira,
Apakah nyeri perut yang sobat rasakan berhubungan dengan aktivitas tertentu? apakah sobat sedang haid? adakah keluhan lain yang sobat rasakan?
Penyebab nyeri perut bagian bawah biasa akan dibagi menjadi tiga bagian. Nyeri perut bawah bagian kanan, biasa berhubungan dengan penyakit apendisitis (usus buntu), colitis (peradangan usus besar), radang panggul, batu ginjal, peradangan di ginjal, kehamilan diluar rahim, dll. Nyeri perut bawah bagian tengah, bisa berhubungan dengan colitis, radang panggul, batu saluran kemih, infeksi saluran kencing, ataupun kram otot yang disebabkan haid. Untuk bagian kiri biasa hampir sama dengan penyebab keluhan bagian kanan.
Untuk memastikan penyebab pasti nyeri perut yang anda alami, sebaiknya anda memeriksakan langsung ke dokter, terutama bila anda mengalami keluhan tambahan lainnya seperti muntah-muntah, gangguan buang air besar, nyeri saat buang air kecil, terlalu sering ataupun perasaan tidak nyaman saat buang air kecil, sakit perut yang dialami saat hamil ataupun setelah terbentur.
Untuk meredakan nyeri, sobat bisa mengkompres air hangat untuk mengalihkan rasa nyeri ataupun mengonsumsi anti nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol ataupun asam mefenamat. Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.
Bila keluhan masih dirasakan ataupun bertambah, sebaiknya sobat memeriksan ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.
Semoga informasi yang diberikan membantu, terima kasih.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.